Kolaborasi National Hospital Surabaya dan GE Healthcare Indonesia Hadirkan MRI 3T dengan AI, Pertama di Jatim

Kolaborasi National Hospital Surabaya dan GE Healthcare Indonesia Hadirkan MRI 3T dengan AI, Pertama di Jatim

Kolaborasi National Hospital Surabaya dan GE Healthcare Indonesia Hadirkan MRI 3T dengan AI, Pertama di Jatim-GE Healthcare Indonesia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- National Hospital Surabaya bersama dengan penyedia teknologi kesehatan di dunia, GE HealthCare meluncurkan teknologi terbaru MRI 3T dengan artificial intelligence berbasis algoritma yang untuk pertama kalinya hadir di Jawa Timur. 

Teknologi ini dihadirkan mengingat MRI merupakan salah satu alat pemeriksaan yang sangat penting, terutama bagi penyakit stroke. Stroke merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia setelah penyakit kardiovaskular.  

BACA JUGA:Ternyata Manfaat Akar Kalawalla untuk Kesehatan Sangat Luar Biasa, Ini Faktanya

Implementasi teknologi terbaru dengan artificial intelligence berbasis algoritma ini diharapkan dapat membantu mempercepat layanan waktu deteksi hingga 60% dengan hasil yang lebih tajam dan jernih.

Di Indonesia, stroke menjadi penyebab kematian utama. Berdasarkan hasil Riskesdas 2018, prevalensi stroke di Indonesia meningkat dari 7 per 1000 penduduk pada tahun 2013, menjadi 10,9 per 1000 penduduk pada tahun 2018. 

Dari sisi pembiayaan, stroke menjadi salah satu penyakit katastropik dengan pembiayaan terbesar ketiga setelah penyakit jantung dan kanker, yaitu 3.23 triliun rupiah pada tahun 2022. 

Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2021 yaitu sebesar 1,91 triliun. 

BACA JUGA:PRUPriority Hospitals Ciptakan Inovasi Baru Demi Tingkatkan Efektivitas dan Profesionalitas Layanan Kesehatan

“Penanganan stroke membutuhkan kecepatan dan ketepatan diagnosis terutama di periode emas penanganan stroke yaitu 3 sampai 4,5 jam setelah terjadi serangan untuk mengurangi risiko kematian dan kecacatan permanen," ujar dr. Paulus Raharjo, SpRad(K), CCD. 

"Jika serangan stroke dapat dikenali lebih dini dan mendapat pertolongan sesegera mungkin, maka dampak buruk dari penyakit ini dapat diminimalkan," tambahnya.

"Teknologi terbaru MRI 3T dengan artificial intelligence merupakan terobosan yang sangat penting untuk penanganan stroke di Indonesia. Dan kami di National Hospital Surabaya telah memiliki teknologi mutakhir tersebut di Neuroendovascular Center (Aneurisma, Varises Otak, Stroke)," jelasnya.

BACA JUGA:Efek Makan Malam di atas Jam 10 yang Berisiko Bagi Kesehatan

Lebih lanjut Dr Paulus menyampaikan, para Radiologis baru saja merayakan International Day of Radiology, tanggal 8 November kemarin. 

"Saat ini, radiologi sangat berkembang, salah satunya yang sangat mencolok adalah intergrasinya dengan kecerdasan buatan (Artificial Inteligence)," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: