Tersedia 10 Jenis Master Mushaf Al Quran Siap Cetak Gratis, Simak Cara Aksesnya

Tersedia 10 Jenis Master Mushaf Al Quran Siap Cetak Gratis, Simak Cara Aksesnya

LPMQ Balitbang dan Diklat Kemenag menyediakan 10 jenis master mushaf Al Qur'an siap cetak -Tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Bagi masyarakat yang membutuhkan mushaf Al Quran untuk dicetak, telah disediakan masternya oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ), Balitbang dan Diklat, Kementerian Agama.

Pihaknya menyediakan 10 jenis master mushaf Al Qur'an siap cetak yang bisa diperoleh secara gratis.

"Kami sediakan bagi siapa saja yang ingin menerbitkan Al-Qur’an di Indonesia. Silakan, layanan ini cuma-cuma alias gratis,” terang Badan Litbang dan Diklat Kemenag Suyitno di Jakarta, Selasa 28 November 2023.

BACA JUGA:Panja DPR-Kemenag Sepakat Biaya Perjalanan Ibadah Haji Rp 93 Juta

10 jenis master mushaf Al-Qur’an tersebut sudah melalui serangkaian proses pentashihan atau pemeriksaan secara teliti, cermat, dan berulang-ulang oleh tim pentashih Al-Qur’an Kemenag.

Dikatakan Suyitno, penyediaan master mushaf sia cetak tersebut dilakukan mengingat hal ini bagian dari upaya pemerintah menjaga kesahihan mushaf Al-Qur’an di Indonesia.

"Semua master mushaf ini sudah ditashih berulang-ulang oleh tim pentashih LPMQ sehingga terjamin kesahihannya. Mekanisme ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan sekaligus menjaga kualitas penerbitan mushaf Al-Qur’an di Indonesia,” kata Aziz.

Meski demikian, Kepala LPMQ, Abdul Aziz Sidqi, mengingatkan bahwa jika ada pihak yang akan mencetak Al Qur’an menggunakan master mushaf dari LPMQ, mereka tetap harus mengajukan proses pentashihan. Ketentuan ini diberlakukan untuk memastikan tidak terjadi kesalahan dalam teks mushaf akibat proses layout, pembuatan iluminasi, pembubuhan dhabt (misalnya: titik, sukun, tanda mad, syiddah), dan sebagainya.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Buka R20 ISORA, Singgung Tragedi Kemanusiaan di Gaza

“Meskipun menggunakan master mushaf dari LPMQ, kalau mau dicetak tetap harus ditashihkan terlebih dahulu. Karena biasanya ada proses lay out ulang, penambahan iluminasi dan lainnya yang dilakukan pihak yang akan mencetak. Sehingga tetap harus ditashih kembali oleh LPMQ,” tegas Aziz seperti dikutip dari laman kemenag.

Ditambahkan Aziz, LPMQ akan terus menambah jumlah master mushaf Al-Qur'an yang siap cetak agar masyarakat memiliki banyak pilihan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyusun master mushaf sendiri dan mengajak penerbit Al-Qur’an untuk mewakafkan master mushafnya kepada LPMQ untuk dapat digunakan pihak lain secara gratis.

“Penambahan varian master mushaf akan terus kami lakukan. Insya Allah, di tahun 2024, master Mushaf Al-Qur’an Isyarat 30 juz sudah tersedia,” kata Aziz.

BACA JUGA:Akhirnya! KPK Mulai Selidiki Dugaan Korupsi Pengadaan Sapi di Kementan

Cara Akses Master Mushaf Al Qur`an

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: