Mimi Tjong

Mimi Tjong

--

HARI PERTAMA masa kampanye capres kemarin saya mulai dari Medan: bihun bebek. Saya lupa nama jalannya tapi ingat nama restonya: Asie. Tidak jauh dari Jalan Kesawan.

Tentu saya olahraga sebelumnya: sejak jam 06.30. Di halaman mall Center Point. Bersama aktivis senam kaus kuning di Medan. Mereka sudah bertahun-tahun olga di situ. Baru kemarin lagu-lagunya beda. Lagu dance sport dari saya. Yang dibawa Nicky dari Surabaya. Anda tahu: pesertanya 100 persen wanita Tionghoa. Satu-dua laki-laki yang lewat situ saya ajak gabung. Maka saya pilihkan yang lagu-lagu mandarin yang belum pernah mereka mainkan. Konsekuensinya: saya yang harus tampil di depan. Bersama Nicky.

''Ini sebenarnya bukan bebek,'' ujar pemilik resto bihun bebek itu. Hah? Bukankah semua orang bilang ini bihun bebek?

''Ini sebenarnya .... Orang Jawa mengatakannya entok,'' jawabnya. Mungkin, maksudnya: mentok. Yakni unggas mirip bebek yang jalannya lebih geyol-geyol.

Di zaman sekarang tidak mudah mendapatkan mentok. Karena itu Asie tidak membuka cabang di mana pun. Padahal resto selaris ini akan laris pula di Jakarta. Juga di mana saja. ''Ini warisan dari papa,'' katanya. ''Sudah sejak 67 tahun lalu,'' tambahnya.

Robert Njoo yang memerintahkan saya ke bihun bebek ini. ''Jangan lupa minta tambah kuah. Juga remah bawang putih gorengnya yang banyak,'' pesan Njoo sejak seminggu sebelumnya.

Memang enak sekali. Nilainya 9. Ingin sekali tambah satu mangkuk tapi takut kembali tembem.

Saya pun ingat istri. Ingin membawakannya oleh-oleh bihun bebek. Nicky pun memesan dua porsi untuk dibungkus. Tidak dilayani. Aneh. Resto lain mimpi dapat pembeli. Bihun bebek Medan menolak pesanan take away.

Tidak aneh. Ia ingin menjaga rasa. Tidak ingin membuat konsumen kecewa. Bisa saja sampai di Surabaya rasanya berubah.

Tekstur bihunnya sudah berbeda. Beda jam beda rasa. Apalagi sampai dibawa naik pesawat tiga jam. Bisa juga daging mentoknya sudah jadi rasa daging bebek. Pun kerenyahan remah bawang putih gorengnya pasti sudah berubah.

Semua harus just right. Rasa adalah perpaduan banyak hal yang harus tepat perpaduannya.


--

Sambil menunggu pesawat, saya ke Rumah Tjong Afie. Sebetulnya ini juga trik saja. Untuk menunggu resto Pondok Gurih buka: ingin makan kepala ikan campur gule daun singkong. Njoo juga yang memaksanya.

Saya pernah ke rumah Tjong Afie. Lama sekali lalu. Kali ini saya punya waktu dua jam. Saya dengar masih ada satu cucu Tjong Afie yang tinggal di rumah itu. Ingin sekali bertemu.

Tjong Afie lahir 1860. Di Meixian. Setelah saya lihat huruf Mandarinnya baru tahu bahwa Tjong itu bahasa suku Hakka untuk Zhang (張). Zhang Ahui.

Saya kurang cerdas: begitu melihat kampung kelahirannya, Mexian, harusnya langsung tahu Tjong Afie orang suku Hakka. Saya dua kali ke Mexian. Itulah kabupaten di Provinsi Guangdong yang hampir 100 persen dihuni suku Hakka. Letaknya di sudut timur laut Guangdong. Berbatasan dengan Fujian.

Lee Kuan Yew orang Hakka. Taksin orang Hakka. Aquino Filipina orang Hakka. Murdaya Poo orang Hakka.

Di rumah Tjong Afie saya berhasil bertemu sang cucu: Mimi Tjong. Usianya 74 tahun. Janda. Masih terlihat sehat. Langsing. Wajahnya segar. ''Saya baru jatuh terguling-guling di tangga,'' katanyi. ''Mungkin 12 anak tangga,'' tambahnyi.

Dia tinggal sendirian di rumah itu. Tepatnya di bagian samping rumah besar. Juga dua lantai. Hari itu dia ingin menyambut kedatangan istri Jenderal Dudung Abdurrahman.

Dia ingin buru-buru turun dari lantai atas. Terguling-guling. Sampai tergolek di tegel lantai bawah. Tentara yang mengawal Ny Dudung menolong. Tidak ada luka. Hanya memar di telinga. Dan di dahi. Diobati. Selebihnya dia baik-baik saja. Tetap bisa melayani tamu pentingnya.

Rumah besar Tjong Afie sendiri kini jadi museum. Sejak 2009. Dibuka untuk umum. Karcisnya Rp 30.000. Jadi objek turis penting di Medan. Kemarin itu saya bertemu rombongan besar turis dari Bengkulu. Juga dari Padang. Dari Jakarta.

Rumah besar ini sudah berumur 123 tahun –selesai dibangun tahun 1900. Pernah direnovasi atas bantuan pemerintah Amerika. Saat itu Amerika memang punya konsulat di Medan. Betapa penting Medan.

Kini Mimi gelisah. Sudah waktunya direnovasi lagi. Dinding-dindingnya berjamur dan terancam mengelupas. Terkena tempias hujan di sana-sini. Bocor pula di beberapa titik. Jelas pemasukan dari karcis tidak akan cukup untuk biaya perbaikan.

Saya lihat BUMN wajib menyisihkan dana CSR untuk menyelamatkan Rumah Tjong Afie. Dulunya Tjong Afie punya 17 lokasi perkebunan. Semua itu kini menjadi kebun PTPN 3 milik BUMN.

Tjong Afie adalah konglomerat pertama di Medan. Sezaman dengan Oei Tiong Ham, si raja gula dari Semarang. Tjong meninggal tahun 1921. Oei meninggal 1924.

Di zaman itu Tjong sudah punya bank di Medan: Deli Bank. Punya perkebunan kopi, teh, cokelat, sawit. Juga punya pabrik gula. Berarti punya perkebunan tebu.

Tjong meninggal karena stroke. Pembuluh darah di otaknya pecah. Umurnya baru 61 tahun.

Empat tahun sebelum meninggal Tjong menulis surat wasiat: hampir seluruh kekayaannya dihibahkan untuk dua yayasan. Yang satu yayasan di Medan. Satunya lagi yayasan di Mexian.

Mimi bercerita, begitu Tjong meninggal dunia, istri dan semua anaknya pindah ke Swiss. Yang menyarankan kepindahan itu adalah orang Belanda yang menjadi tangan kanan Tjong. Itu orang kepercayaan Tjong. Boleh dikata orang Belanda itulah yang mengendalikan semua perusahaan Tjong.

Istri Tjong wanita Tionghoa peranakan dari Binjai, dekat Medan. Dia ibu rumah tangga biasa. Tidak tahu soal perusahaan. Itu istri ketiga Tjong. Istri pertamanya wanita Tiongkok. Meninggal. Hanya punya satu anak angkat. Istri kedua juga wanita dari Tiongkok. Anaknyi 3 orang. Yang dari Binjai punya anak 7 orang.

Kelihatannya anak-anak Tjong hanya mewarisi uang deposito atau sebangsanya. Seluruh aset di Medan tidak ada yang jatuh ke keluarga. Karena itu sang cucu pun hidup seperti orang Medan kebanyakan.

Saya belum menemukan hasil penelitian ilmuwan soal nasib aset-aset Tjong Afie. Termasuk sahamnya di tambang batu bara Sawahlunto di Sumatera Barat.

Tjong berusia 18 tahun saat datang ke Deli, dari Mexian. Ia menyusul kakaknya yang sudah lima tahun tiba di Deli. Deli terkenal tanah subur. Dengan perkebunanmya yang terkenal sampai ke Eropa.

Tjong juga orang kaya yang beda: tidak berjudi, tidak main perempuan, tidak mengisap candu dan segala hal yang tercela. Ia belajar keras bahasa Melayu. Hubungan antar sukunya dikenal sangat baik. Kalau ada pertengkaran antar ras Tjong yang mendamaikan. Ia membangun masjid --masih ada sampai sekarang. Membangun kelenteng –juga masih ada. Membangun gereja –sudah tidak ada.

Kalau ada kerusuhan buruh perkebunan milik perusahaan Belanda Tjong pula yang meredakan. Tjong pun diangkat Belanda menjadi letnan. Lalu menjadi kapten. Terakhir menjadi mayor.

Satu-satunya cucu yang tinggal di Medan ini hanya punya anak satu orang. Perempuan. Sekolah di Cornell University di pedalaman New York. Kawin dengan bule di sana. Juga punya anak satu.

Anak, menantu dan cucu itu pernah ke Medan. Satu minggu tinggal di salah satu kamar rumah besar itu.

Kehidupan Mimi Tjong sangat sederhana. Mobilnya hanya Rush. Dia setir sendiri pula di usianyi yang 74 tahun. Bukan mobil matic pula. Saat menemui saya itu dia baru pulang dari pasar.

Mimi sendiri belum pernah menengok cucu ke Amerika. ''Jauh sekali,'' katanyi.

Bahkan Mimi belum pernah ke Mexian. Maka kami sepakat akan ke Mexian bersama. Mungkin akhir Maret depan. Saya tahu ada sop ikan enak sekali di Mexian. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 28 November 2023: Ompung Joglo

imau compo

Ayah saya hanyalah lulusan sekolah rakyat (SR) kelas 3, tapi beliau menjadi salah satu tulang punggung yg mendirikan sekolah -sekolah negeri SD, SMP dan SMPA di kampung kami. Khusus SMP, semua urusan nonfinansialnya Ayah saya dan anak-anaknya yg selesaikan. Dengan sekolah-sekolah ini, kampung kami sekarang sdh bebas buta huruf bahkan generasi terakhir, pendidikan minimalnya SMA. Waktu 3 dari cucu Ayah saya diterima di ITB dan ITS saya tersentak, mungkin ganjaran duniawi dari amal jariah ayah saya. Menarik juga komentar Pak Er Gham, di kita sdh ada capres yg bikin sekolah berarti lebih hebat dari presiden Amerika yg bikin perpustakaan setelah lengser dari presiden. Memang kita harus punya presiden yg lebih hebat agar tahun 2045, setelah berlalunya bonus demografi, kita sdh menjadi negara maju. Saat ini golden years, jangan disia-siakan.

 

Fa Za

Robert terisak karena menyesal tidak bisa memenuhi pesan terakhir Ompung. Pak Dahlan terisak karena menyesal tidak melepas sepatu, bikin malu.

 

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Opung jalan-jalan ke mal, singgah makan di satu restoran. Di meja sebelah duduk tiga ibu-ibu muda yang sedang ngerumpi tentang shio. Sherly: "Suami kamu apa, Cindy?" Cindy: "Suami aku tuh monyet. Suami kamu apa?" Sherly: "Suami aku babi. Sama kayak mertua laki-laki, babi juga." Shireen: "Oh, aku kira suami kalian bedua sama-sama anjing, persis kayak suamiku." Opung kaget dan terus membuka kuping lebar-lebar mendengarkan percakapan mereka. Sherly: "Suami dan mertuaku sama-sama babi. Maka sifatnya sama-sama kayak babi." Cindy: "Oh, gitu ya. Eh, Shireen, ipar kamu yang buka bengkel di Thamrin apa?" Shireen: "Tikus, sama kayak istrinya juga tuh." Opung Binsar mulai emosi.... Shireen: "Sherly, ipar kamu yang ketemu di Plaza Indonesia kemarin itu apa?" Sherly: "Ular, tapi anak-anaknya semua babi." Opung Binsar tak bisa menahan emosi lagi dan berteriak. "Kurang ajar kalian semua. Dasar ibu-ibu muda yang nggak tahu untung dan terimakasih.... Masa' suami, mertua, dan anak sendiri dikatain monyet, babi, anjing. Kalau kalian semua menantuku, sudah kubuat mampus kalian semua!!"

 

ACEP YULIUS HAMDANI

Alhamdulillah, sesuai saran saya ke Abah DI, saya gak usah diundang ke pertemuan para perusuh Disway, karena memang takut betah tidak mau pulang (tidak bisa pulang), karena kebanyakan makan sate dan durian yang rencananya jadi sajian utama. Sudahlah itu itu rencana Abah. Ompung TB. Silalahi Jenderal yang sangat terkenal, bahkan saya sampai lupa jabatan apa saja yang pernah ia pegang. Sesuai dengan pematah" Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading dan manusia mati meninggalkan nama, yaitu namanya TB Silalahi...

 

Ardi Suhamto

Cuman mau nambahin, kata2 huta disitu emang huta, bukan hutan. Saya awalnya jg mikir disway typo tapi baru sadar ada kata huta dalam bahasa batak. Bahasa indonesianya: kampung

 

Lagarenze 1301

Di dalam Museum TB Silalahi terpajang mobil berpelat Indonesia 1. Saya pernah melihatnya dalam tayangan TV. Mobil itu berdampingan dengan mobil dinas menteri B 46. Kabarnya Pak Silalahi yang memesan mobil tahan peluru tersebut langsung dari Jerman. BMW. Tahan bom juga. Untuk apa Pak Silalahi punya mobil antipeluru? Ternyata untuk dipakai SBY yang pada 2004 memenangi pilpres bersama JK. Waktu itu SBY belum dilantik jadi presiden. Pilpres pun dua putaran. Jadi, belum bisa pakai mobil kepresidenan. Pak Silalahi yang berinisiatif mendatangkan BMW tersebut. Setelah SBY jadi presiden, mobil itu dikembalikan ke Pak Silalahi.

 

Yellow Bean

Mungkin dalam hati teman Pak @Agus bertanya tanya. Apakah batik hanya milik orang Jawa ? Saya setuju dengan sikap teman Pak Agus dengan cukup senyum saja.

 

Warung Faiz

Mungkin karena Batak dan Batik bedanya satu huruf...

 

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

SAYA punya teman kerja di kantor, yang kebetulan orang batak. Hampir setiap hari, belio pakai baju batik.. Di awal kenalan, setiap ketemu selalu saya ucapkan: "Wah, orang "Batak", tapi setiap hari ngantor pakai baju "batik".. ### Belio selalu senyum setiap saya sampaikan kata-kata itu..

 

Otong Sutisna

Nyebut, lupa copot sepatu, perasaan lebih dari satu kali.....Abah itu benar - benar nyesel apa mau pamer sepatu baru yang mungkin tidak bisa kebeli sama perusuh yang ATM nya selalu di pegang istri

 

Handoko Luwanto

Jurnal Perusuh Disway Edisi: Batu Ampar (Sen,27-11-2023)

#.Nama (Komen;Kata)AWARD [diReplyOrangLain;meReplyOrangLain]

#1.Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 (15;664)★★ [8;1]

#2.Agus Tejo (1;8)

#3.alasroban (1;43)

#4.Amat K. (2;14) [1;0]

#5.Atho^illah (3;48) [7;1]

#6.Azza Lutfi (1;11) [0;1]

#7.Bahtiar HS (2;286) [0;1]

#8.Beny Arifin (1;61) [3;0]

#9.bitrik sulaiman (1;1)

#10.daeng romli (1;11) [0;1]

#11.didik sudjarwo (1;13) [0;1]

#12.doni wj (1;11) [0;1]

#13.Drupadii (1;17) [0;1]

#14.Echa Yeni (4;61) [0;1]

#15.Em Ha (2;224)

#16.Fiona Handoko (4;86) [0;4]

#17.Gregorius Indiarto (8;158) [1;2]

#18.Handoko Luwanto (3;298) [0;1]

#19.imau compo (5;592)

#20.JIM vsp (1;17) [1;0]

#21.Jo Neca (5;88) [2;3]

#22.Johannes Kitono (2;330)

#23.Jokosp Sp (2;80) [0;1]

#24.Juve Zhang (22;1183)✒️★★★★★⭐️⚽️ [14;7]

#25.Lagarenze 1301 (6;914) [8;0]

#26.Leong Putu (4;52) [9;1]

#27.Liam Then (21;2277)★★ [4;14]

#28.Liáng - βιολί ζήτα (2;35) [0;2]

#29.M.Zainal Arifin (1;0) [2;0]

#30.Madison Madison (1;12)⚽️ [14;0]

#31.Mahmud Al Mustasyar (2;5)

#32.Malware 0.1 (17;923) [0;11]

#33.Maman Lagi (3;9) [0;1]

#34.Mbah Mars (1;68) [2;0]

#35.Mukidi Teguh (1;7)

#36.MULIYANTO KRISTA (1;1) [1;0]

#37.mzarifin umarzain (18;277)★★★

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 233

  • Nadia Imaniyah
    Nadia Imaniyah
  • Nadia Imaniyah
    Nadia Imaniyah
  • Nadia Imaniyah
    Nadia Imaniyah
  • Nadia Imaniyah
    Nadia Imaniyah
  • Nadia Imaniyah
    Nadia Imaniyah
  • Nadia Imaniyah
    Nadia Imaniyah
  • Nadia Imaniyah
    Nadia Imaniyah
  • Nadia Imaniyah
    Nadia Imaniyah
  • Aditya Hermansyah
    Aditya Hermansyah
  • ethann lord
    ethann lord
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Ulik Kopi
    Ulik Kopi
  • Citra Cilia
    Citra Cilia
  • Kismawan Then
    Kismawan Then
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Malware 0.1
    Malware 0.1
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Liam Then
      Liam Then
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
  • Slamet Sejati
    Slamet Sejati
  • Liam Then
    Liam Then
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Malware 0.1
    Malware 0.1
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
    • Liam Then
      Liam Then
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Mahmud Al Mustasyar
    Mahmud Al Mustasyar
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Malware 0.1
    Malware 0.1
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
  • Sumartan
    Sumartan
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Liam Then
    Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Bahtiar HS
    Bahtiar HS
  • Liáng - βιολί ζήτα
    Liáng - βιολί ζήτα
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Muin TV
    Muin TV
  • DeniK
    DeniK
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • Rihlatul Ulfa
      Rihlatul Ulfa
    • yea aina
      yea aina
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Wilwa
      Wilwa
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • yea aina
      yea aina
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Wilwa
      Wilwa
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Malware 0.1
    Malware 0.1
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Malware 0.1
    Malware 0.1
  • m note
    m note
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
  • Muin TV
    Muin TV
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • doni wj
    doni wj
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • doni wj
      doni wj
    • doni wj
      doni wj
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Lia Damayanti
    Lia Damayanti
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Edi H
    Edi H
    • Wilwa
      Wilwa
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
  • Muin TV
    Muin TV
    • Muin TV
      Muin TV
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Wilwa
      Wilwa
  • Wilwa
    Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
  • Fa Za
    Fa Za
  • Malware 0.1
    Malware 0.1
  • DeniK
    DeniK
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Handoko 2018
    Handoko 2018
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
    • doni wj
      doni wj
    • Handoko 2018
      Handoko 2018
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Em Ha
      Em Ha
  • Malware 0.1
    Malware 0.1
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
    • Malware 0.1
      Malware 0.1
  • JIM vsp
    JIM vsp
  • Atho'illah
    Atho'illah
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • Atho'illah
      Atho'illah
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Atho'illah
      Atho'illah
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Nimas
      Nimas
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • alasroban
    alasroban
    • alasroban
      alasroban
  • Malware 0.1
    Malware 0.1
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Pedro Patran
    Pedro Patran
  • Nimas
    Nimas
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Guslurah
    Guslurah
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • yafni alris -husin
    yafni alris -husin
  • yafni alris -husin
    yafni alris -husin