Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit Hingga 45,6% di Survei Terbaru LSI

Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit Hingga 45,6% di Survei Terbaru LSI

Hasil survei dari LSI Denny JA menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran pasti di ambang kemenangan dan memiliki suara tertinggi dari pasangan calon capres-cawapres lainnya.--

JAKARTA, DISWAY.ID-- Elektabilitas pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melejit dalam hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru.

Angka elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 02 itu hingga mencapai 45,6% pada Desember ini atau meningkat dibanding survei yang dilakukan Oktober 2023 lalu sebesar 35,9%.

"Angka-angka ini untuk Prabowo-Gibran cenderung mengalami peningkatan dibandingkan dengan Oktober 2023," kata Direktur Eksekutif LSI Dyajadi Hanan melalui kanal Youtubenya, Minggu 11 Desember 2023.

BACA JUGA:Warga NU dan Gen Z Cenderung Pilih Pasangan Prabowo-Gibran di Survei Poltracking

BACA JUGA:Ini Dia 11 Nama Panelis Debat Capres-Cawapres Tahap Pertama

Dyajadi mengurai, angka tersebut merupakan pengambilan survei terbaru pada 3-5 Desember 2023. Hasilnya, Prabowo-Gibran naik 9,7 poin dari survei elektabilitas pada Oktober 2023 lalu. 

Sedangkan hasil survei selanjutnya pasangan capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 23,8%.

Hasil survei elektabilitas ini, menunjukkan Ganjar-Mahfud turun dibandingkan dengan survei Oktober 2023 lalu yang mencapai 26,1%.

Pasangan Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh angka elektabilitas sebesar 22,3% pada survei Desember 2023 ini.

Angka sebesar itu, menunjukkan peningkatan dari survei Oktober 2023 yang sebesar 19,6%.

BACA JUGA:Pengadilan Militer Vonis Penjara Seumur Hidup Praka RM Cs di Kasus Penculikan dan Pembunuhan Imam Masykur

BACA JUGA:Firli Bahuri Belum Ditahan, Polri Ungkap Alasannya

Djayadi memperkirakan, kenaikan elektabilitas Prabowo-Gibran berasal dari masyarakat yang sebelumnya belum menentukan pilihan.

Selain itu, ada perpindahan pilihan dari Ganjar-Mahfud yang merosot dari 26,1% menjadi 23,8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: