KPU: Durasi Interaksi Antara Calon Saat Debat Akan Lebih Banyak Dari Pemilu 2019

KPU: Durasi Interaksi Antara Calon Saat Debat Akan Lebih Banyak Dari Pemilu 2019

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat konferensi pers soal format debat Pemilu 2024.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebutkan bahwa format waktu interaksi antara calon saat debat Pemilu 2024 akan lebih lama dibandingkan Pemilu sebelumnya, yakni Pemilu 2019.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari saat konferensi pers di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2023.

BACA JUGA:Polri Siapkan Pengamanan Tiga Lapis Jelang Debat Pertama Capres dan Cawapres

"Kami pastikan di dalam rundown itu justru kesempatan antar calon untuk berinteraksi itu dikatakan untuk debat pemilu 2024 ini lebih banyak," ujar Hasyim Asy'ari kepada awak media.

Adapun konsep debat Pemilu 2024 sendiri, Hasyim Asy'ari menjelaskan bahwa akan ada 18 pertanyaan yang telah disusun oleh panelis. Dari 18 pertanyaan tersebut, akan dibagi dalam 6 segmen yang mana masing-masing capresnya akan diberikan 3 pertanyaan.

"Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan itu kan ada 6 segment, berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing-masing segmen. Satu segmen ada tiga pertanyaan," jelas Hasyim Asy'ari.

BACA JUGA:KPU Sterilisasi Jalan Imam Bonjol Jelang Debat Capres-Cawapres

Lalu, sebelum debat tersebut di mulai, KPU akan memberikan kesempatan bagi capres untuk mengambil pertanyaan secara acak.

"Masing masing peserta debat capres itu nanti sebelum memasuki perdebatan, mengambil dulu secara acak, akan dapat pertanyaan yg mana, itu lah yang akan disampaikan oleh moderator," kata Hasyim.

"Setelah mendapatkan itu, misalkan kesempatan pertama, si calon A itu calon B dan C diberikan kesempatan untuk menanggapi apa yang disampaikan oleh calon A. Setelah menanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear di bagian perdebatan itu," tambahnya.

BACA JUGA:Kuota Undangan Debat Capres Cawapres Untuk Timses Bertambah Jadi 75 Orang

Meskipun begitu, ketiga capres tersebut akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misinya sebelum debat dimulai.

"Tapi pada dasarnya bagian awal sebelum masuk kepada pertanyaan masing masing diberikan kesempatan untuk menyampaikam visi misi program sesuai dengan tema," ucap Hasyim 

Diketahui, KPU akan melangsung debat capres-cawapres tahap pertama di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa, 12 Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: