Peluncuran AK23 Ticketing Mobile Aplication, Permudah Penerbitan SKCK dan Penyidikan

Peluncuran AK23 Ticketing Mobile Aplication, Permudah Penerbitan SKCK dan Penyidikan

Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Pusinafis) Bareskrim Polri meluncurkan aplikasi AK23 ticketing mobile aplication guna mempermudah dalam penerbitan SKCK.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Pusinafis) Bareskrim Polri meluncurkan aplikasi AK23 ticketing mobile aplication guna mempermudah dalam penerbitan SKCK.

"Aplikasi ini merupakan terobosan dari Pusinafis Bareskrim Polri dalam pelaksanaan yaitu meningkatkan layanan masyarakat dalam pengambilan dan perumusan sidik jari dalam rangka penerbitan SKCK melalui aplikasi ini," kata Wakabareskrim Irjen Asep Edi Suheri dalam Grand Launching Ceremony AK23 Online Ticketing Mobile Application, Selasa, 12 Desember 2023.

BACA JUGA:Cara mengurus SKCK, Mudah Banget, Biaya Cuma Rp 30 Ribu

Jenderal bintang dua itu mengatakan aplikasi mobile online AK23 dapat diunduh melalui AppStore dan Playstore pada perangkat ponsel pintar milik masyarakat.

"Aplikasi ini membantu mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat tanpa harus mengantri, serta lebih mudah dalam penggunaannya,” ungkap Asep.

Bukan hanya itu, Asep mengatakan melalui sistem AK23 online ticketing mobile bisa memudahkan dalam penyidikan pelaku tindak pidana. 

Sebab, sidik jari dan tipografi pemohon SKCK dapat direkam dan disimpan di data base Pusinafis.

BACA JUGA:Polri Terbitkan SKCK Gibran Rakabuming Raka untuk Menjadi Cawapres

"Ini sangat penting mengingat data tersebut dapat digunakan sebagai bantuan teknis fungsi penyidikan tindak pidana, ataupun identifikasi korban kecelakaan dan bencana alam. Hal ini sejalan dengan tugas dan fungsi Pusinafis Bareskrim Polri sebagai bantuan teknis identifikasi dalam rangka penegakan hukum," ujar mantan Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri itu.

Dia juga meminta kepada jajaran Inafis di satuan wilayah untuk mengoptimalkan aplikasi tersebut yang tetap bersinergi dengan Satuan Intelijen dan Keamanan (Intelkam).

"Sehingga, memperbanyak jumlah data base, identitas berupa foto dan data tipografi para pemohon SKCK sebagai salah satu indikator keberhasilan mencapai kinerja Pusinafis Bareskrim Polri," ungkapnya.

BACA JUGA:Polri Juga Terbitkan SKCK untuk Yusril Ihza Mahendra dan Erick Thohir, Buat Pilpres?

Sementara itu, Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Joshua Mamoto mengapresiasi inovasi yang telah dikeluarkan oleh Pusinafis Bareskrim Polri ini.

"Karena memang masyarakat sekarang menghendaki pelayanan yang cepat, sederhana, ya dengan bantuan aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat untuk menyampaikan data kemudian mendaftar tidak perlu menunggu lama. Nah ini yang sangat diharapkan oleh masyarakat," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: