Batik Jemaah Haji 2024 Bermotif Sekar Arum Sari, Lambangkan Kesucian Hingga Ketulusan dan Rendah Hati

Batik Jemaah Haji 2024 Bermotif Sekar Arum Sari, Lambangkan Kesucian Hingga Ketulusan dan Rendah Hati

Batik Sekar Arum Sari untuk jemaah haji Indonesia 2024.-kemenag RI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas telah meluncurkan Batik Jemaah Haji Indonesia 1445 H/2024 M.

Setelah 10 tahun belum berganti, motif batik Jemaah Haji 2024 mendatang akan menggunakan motif Sekar Arum Sari.

Motif batik yang diluncurkan Gus Yaqut, sapaan karib Menag, merupakan batik yang dipilih melalui Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia sejak Agustus 2023 dengan pemenangnya yakni Sony Adi Nugroho, satu dari 10 finalis sayembara.

BACA JUGA:Pengumuman! Seleksi Petugas Haji 2024 Dibuka, Cek Jadwal dan Syaratnya..

“Jemaah haji bukan hanya spiritual saja, mereka juga sekaligus menjadi duta, sepantasnya pakaian yang akan digunakan adalah pakaian yang mewakili Indonesia,” ungkap Gus Yaqut saat sambutan pada acara peluncuran Batik Jemaah Haji Indonesia 2023 di HR Rasjidi, Jakarta, Selasa 12 Desember 2023.

Bagi Gus Yaqut, batik tak sekadar fashion, namun juga Identitas Bangsa Indonesia.

Adapun batik baru jemaah haji Indonesia yang diluncurkan yaitu berwarna ungu bermotif Sekar Arum Sari. Motif demikian terinspirasi dari melati putih, motif kawung, motif truntum, motif songket dan tenun, serta burung garuda.

Motif tersebut mengambil filososfi puspa nasional Indonesia yang digambarkan dengan bunga melati putih yang melambangkan simbol kesucian, keagungan, kesederhanaan, ketulusan, keindahan, dan rendah hati.

Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latief menjelaskan, batik motif baru ini akan menggantikan batik sebelumnya yang sudah digunakan sejak 2011 atau sekira 10 tahun silam.

BACA JUGA:Sah Biaya Haji 2024 Naik Jadi Rp 93,4 juta, Jemaah Indonesia Perlu Bayar Segini Nih, Berat?

Diungkapkannya, seragam batik ini akan diproduksi, dengan metode cap, dengan melibatkan banyak UMKM yang memenuhi syarat sesuai standar yang dibuat Kemenag.

“Diperkirakan per jemaah membutuhkan 3 meter kain untuk satu batik, jadi sekitar 600 KM banyaknya jika dibentangkan. Artinya akan melibatkan banyak UMKM untuk membuatnya, ini juga bentuk kepedulian kita terhadap UMKM,” ujarnya.

Pihaknya telah menetapkan Batik Motif Sekar Arum Sari sebagai pemenang Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia melalui Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Nomor 370 Tahun 2023 Tentang Penetapan Pemenang Dan Finalis Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia.

“Setelah melalui serangkaian proses penilaian, Dewan Juri menetapkan Batik Motif Sekar Arum Sari karya Sony Adi Nugroho sebagai pemenangnya. Penetapan dewan juri ini kemudian dituangkan dalam bentuk Keputusan Dirjen PHU,” terang Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Saiful Mujab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: