Meski Hadapi Lawan Berat, Shin Tae-yong Optimistis Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia

Meski Hadapi Lawan Berat, Shin Tae-yong Optimistis Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia

Coach Shin Tae-Yong/Ilustrasi-Instagram @shintaeyong7777-Instagram @shintaeyong7777

JAKARTA, DISWAY.ID-- Jelang Piala Asia 2024, Pelatih Shin Tae-yong optimistis Timnas Indonesia bisa tampil mengejutkan di Grup D. 

Pelatih asal Korea Selatan ini yakin tim asuhannya lolos ke 16 besar meski satu grup dengan Jepang, Irak dan Vietnam.

BACA JUGA:Jelang Piala Asia, Shin Tae-yong Panggil 29 Pemain Untuk TC ke Turki

"Persiapan kita targetnya 16 besar. Untuk itu saya dan seluruh pemain akan berusaha maksimal dan berjuang keras," ujar Shin Tae-yong.

Namun, Shin Tae-yong tidak menampik bahwa targetnya itu cukup tinggi.

"Indonesia secara ranking FIFA juga paling rendah (di antara ketiga tim lainnya-Red). Namun dalam sepak bola apapun bisa terjadi. Kita juga mohon doa dan dukungan seluruh fans, pendukung, dan rakyat Indonesia agar kami meraih hasil terbaik di Piala Asia 2023," tuturnya.

BACA JUGA:Timnas U-23 Masuk Grup Berat di Piala Asia 2024, Erick Thohir Tuntut Shin Tae-yong Bekerja Lebih Keras

Karena itu, pemusatan latihan (TC) di Turki pada 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024 akan dimanfaatkan Shin Tae-yong untuk membentuk tim yang tangguh. 

Dalam TC ini, sebanyak 29 pemain dipanggil dan nantinya akan disisakan 26 nama.

"Kami bisa membawa 26 pemain di Qatar. Tapi saat pertandingan, kami hanya bisa (membawa) 23 pemain," jelas pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Untuk materi skuad Garuda, saat ini terdapat tujuh pemain keturunan. Selain itu, ada empat pemain lainnya berstatus abroad.

BACA JUGA:Jelang Leg 2 Lawan Brunei Darussalam, Shin Tae-yong Ingin Indonesia Menang Telak Lagi

Ketujuh pemain itu antara lain Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Elkan Baggott (Ipswich Town), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattyanama (Viking FK), Ivar Jenner (Jong Utrecht), Rafael Struick (Ado den Haag) dan Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21).

Selain mereka, ada empat pemain lainnya yang berstatus sebagai abroad, atau berkarier di luar negeri. Keempat pemain tersebut adalah Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners), Saddil Ramdani (Sabah FC) dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: