Punya Lebih dari 1.600 Koleksi Rokok, Inilah Lokasi Syuting Serial Gadis Kretek di Kudus

Punya Lebih dari 1.600 Koleksi Rokok, Inilah Lokasi Syuting Serial Gadis Kretek di Kudus

Museum Kretek Kudus -Dok. Visit Jawa Tengah -

JAKARTA, DISWAY.ID - Serial Gadis Kretek di Netflix rupanya membawa berkah bagi lokasi syuting yang makin dipadati pengunjung saat Nataru. 

Ya, Museum Kretek di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah saat ini ramai didatangi pengunjung saat libur sekolah dan Natal & Tahun Baru 2024. 

BACA JUGA:Link Nonton Gadis Kretek Full HD, Episode 1-5 Selesai, Serial Netflix yang Jadi Trending

BACA JUGA:Dukung Jalur Lintas Selatan, Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2, Bantul

Rupanya, setelah tayang pada November 2023 lalu, banyak pelancong yang penasaran dengan kondisi museum yang menjadi salah satu lokasi syuting film Gadis Kretek.

Mengutip laman Visit Jawa Tengah, Museum ini berada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah tepatnya di Jl. Getas Pejaten No.155, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59343.

Tempat syuting serial Gadis Kretek ini terinspirasi dari novel berjudul yang sama, Gadis Kretek karya Ratih Kumala. Film itu mengisahkan tentang latar belakang industri kretek pada tahun 1960-an.

Adapun syuting film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Putri Marino, Arya Saloka dan lainnya itu mengambil salah satu lokasi di Museum Kretek. Adegan di Museum Kretek, yaitu saat pertemuan Lebas yang diperankan Arya Saloka dengan Arum yang diperankan oleh Putri Marino. 


Diorama penjualan rokok Kretek di Museum Kretek, Kudus, Jawa Tengah-Dok. Visit Jawa Tengah -

Dari perjumpaan itulah, Lebas ingin mengetahui sosok Jeng Yah yang dicari Romo merupakan ayah Lebas.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Kudus Sudarman mengatakan, banyak pelancong berkunjung ke Museum Kretek dipadati wisatawan saat musim liburan. Bahkan peningkatannya mencapai 50 persen dibandingkan dengan saat akhir pekan biasa. Wisatawan berdatangan dari Kudus hingga luar daerah.

"Liburan Nataru ini sangat meningkat sekali, terutama hari Minggu kemarin kunjungan meningkat 50 persen sekitar 1.200 pengunjung, biasanya hari libur biasa sekitar 500 pengunjung," kata Sudarman dikutip Disway.id dari laman Visit Jawa Tengah, Jumat 29 Desember 2023. 

BACA JUGA:Sinopsis Novel 'Gadis Kretek', Serial Netflix yang Dibintangi Putri Marino dan Dian Sastro

BACA JUGA:Mengunjungi Museum Bisa Bikin Umur Panjang, Benarkah? Penelitian Ungkap Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: