Layanan Baterai Swap Motor Listrik Jepang Sudah Beroperasi, Ada 20 Titik di Jakarta

Layanan Baterai Swap Motor Listrik Jepang Sudah Beroperasi, Ada 20 Titik di Jakarta

Layanan Baterai Swap Motor Listrik Jepang Sudah Beroperasi, Ada 20 Titik di Jakarta-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- PT. Astra Honda Motor (AHM) menggandeng PT. HPP Energy Indonesia meluncurkan bisnis layanan berbagi baterai untuk EM1 e:, sepeda motor listrik yang akan diluncurkan oleh PT. Astra Honda Motor pada tanggal 21 Desember 2023 kemarin.

Di Indonesia, kebutuhan energi diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi, dan Indonesia sedang gencar mempromosikan elektrifikasi sektor transportasi dan perluasan penggunaan sumber energi terbarukan.

BACA JUGA:Smoot Kembali Hadirkan Zuzu, Swap Baterai di 1.000 Titik

Kami dengan bangga merilis layanan ini hari ini setelah serangkaian proyek demonstrasi sejak tahun 2018, ujar Hisashi Murakami, Presiden Direktur PT. HPP Energy Indonesia, Kamis 21 Desember 2023 kemarin.

"Melalui layanan berbagi baterai, PT. HPP Energy Indonesia akan berkontribusi pada elektrifikasi sepeda motor di Indonesia bersama dengan PT. Astra Honda Motor dengan menjawab kebutuhan pelanggan tentang jarak tempuh dan waktu pengisian daya kendaraan listrik," jelasnya.

BACA JUGA:Spesifikasi Smoot Tempur, Motor Listrik Bersubsidi Tangguh dengan Baterai SWAP Seharga Rp 11 Jutaan

Produk mobilitas listrik yang saat ini tersedia di pasar menghadapi dua tantangan: jarak tempuh yang pendek dan waktu pengisian daya yang lama. 

Layanan berbagi baterai dengan menggunakan Honda Mobile Power Pack e: ini untuk menjawab tantangan di atas dengan membuat baterai dapat dipertukarkan dan berbagi, sehingga berkontribusi dalam mempercepat elektrifikasi dan memperluas penggunaan energi terbarukan. 

Dengan mempertimbangkan bisnis baru ini, PT. HPP Energy Indonesia telah meluncurkan proyek demonstrasi di Bandung dan Denpasar sejak tahun 2018 dengan 300 kendaraan listrik. 

BACA JUGA:Isi Baterai Motor Listrik Hanya 9 Detik, Kolaborasi Swap Energy dan Baterai ABC

Melalui proyek ini, PT. HPP Energy Indonesia mengidentifikasi tantangan yang harus diatasi dan memverifikasi kelayakan bisnis.

PT. HPP Energy Indonesia menyediakan layanan battery sharing yang memungkinkan pengendara untuk mampir ke stasiun penukaran baterai terdekat yang sedang dibangun di kota dan menukarkan Honda Mobile Power Pack e: yang memiliki sisa daya yang rendah dengan Honda Mobile Power Pack e: yang sudah terisi daya. 

Dengan menggunakan layanan ini, pengendara dapat memastikan baterainya selalu siap untuk mendukung aktivitas mobilitasnya.

BACA JUGA:Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, Smoot Motor, SWAP, Grab dan PLN Resmi Bersinergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: