Jokowi Ungkap Alasan WNI di Taipei Terima Surat Suara Pemilu 2024 Lebih Dahulu

Jokowi Ungkap Alasan WNI di Taipei Terima Surat Suara Pemilu 2024 Lebih Dahulu

Presiden Jokowi menilai seharusnya format debat capres diubah-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Jokowi mengungkapkan alasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mempercepat proses pengiriman surat suara Pemilu 2024 ke Negara Taipei, Taiwan. 

Menurutnya, hal itu dikarenakan adanya kekhawatiran kantor pos setempat tutup karena bertepatan dengan Tahun Baru 2024.

BACA JUGA:Dua Gelombang, PPLN Taipei Kirimkan 62.552 Lembar Surat Suara ke Pemilih

Jokowi mengatakan kantor pos di Taipei tutup lebih lama saat Tahun Baru sehingga surat suara Pemilu 2024 dikirim terlebih dahulu.

"Tadi saya diceritain bahwa memang ada kekhawatiran karena ini tahun baru, kantor pos tutup agak lama di sana, sehingga dikirim mendahului," kata Jokowi kepada wartawan di Istora Senayan GBK Jakarta Pusat, Sabtu, 30 Desember 2023.

Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan menjelaskan secara detail. Ia menyerahkan proses perbaikan teknis terhadap persoalan itu kepada KPU.

BACA JUGA:KPU Beberkan Penyebab WNI di Taipei Terima Surat Suara Lebih Dahulu

"Tapi untuk teknis-nya biar Pak Ketua KPU yang menyampaikan," ucapnya.

Jokowi optimis Pemilu 2024 berjalan dengan jujur dan adil. Sebab, sudah ada saksi dari setiap capres-cawapres di setiap tempat pemungutan suara (TPS) dan proses penghitungan suara juga berlangsung terbuka dan transparan.

"Semuanya kan mekanismenya ada semuanya. Sudah ada saksi di setiap TPS. Saksi dari kandidat presiden dan wakil presiden ada, saksi dari partai-partai ada," ujarnya.

BACA JUGA:Usai Viral, KPU Sebut Pengiriman Surat Suara Pemilu 2024 oleh PPLN Taipei Tidak Sesuai Prosedur

"Penghitungan suara juga terbuka, transparan. Boleh diklik, difoto, diambil gambarnya. Semuanya terbuka, transparan, terus kurang apa lagi?" imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: