Ada Pentas Sekar Rinonce di Malioboro, Car Free Night Diberlakukan

Ada Pentas Sekar Rinonce di Malioboro, Car Free Night Diberlakukan

Ilustrasi/Malioboro-Instagram/@kameraamatirr-

YOGYAKARTA, DISWAY.ID-- Jelang malam pergantian tahun 2023-2024, Car Free Night (CFN) diberlakukan di kawasan Malioboro

CFN atau bebas kendaraan di titik Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton) tersebut untuk memberikan kenyamanan masyarakat dalam merayakan malam tahun baru.

Dalam memeriahkan tahun baru di Malioboro, pemerintah setempat bersama masyarakat menggelar pentas seni dan musik bertajuk Sekar Rinonce.

BACA JUGA:Puncak Arus Balik Nataru Terjadi 1-2 Januari 2024, Ini Imbauan Kakorlantas

Gelaran pentas seni musik tradisional dan modern yang sedianya digelar setiap dua pekan tersebut, dilangsungnya juga pada malam tahun baru ini, untuk menyuguhkan hiburan menarik ke warga atau wisatawan.   

Sekar Rinonce digelar pada tiga titik sepanjang Jalan Malioboro yang meliputi, pedestrian depan Teras Malioboro 2, depan atrium Plaza Malioboro, dan depan Pasar Beringharjo. 

Para musisi lokal dan seniman akan terlibat dalam acara Sekar Rinonce mulai pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Selain Sekar Rinonce, sejumlah hotel di sepanjang kawasan Gumaton, Malioboro, juga menyuguhkan panggung malam tahun baru. 

Pihak kepolisian pun menerapkan Car Free Night (CFN) agar malam tahun baru di kawasan Malioboro berlangsung tertib, nyaman dan masyarakat lebih bisa menikmati hiburan tanpa terganggu lalu lintas kendaraan. 

BACA JUGA:Kapten Hingga Mayor Pasukan Elite Israel Tewas Saat Pertempuran Hebat di Gaza

Jika kendaraan diizinkan melintas, dikhawatirkan akan terjebak kemacetan dan gas CO2 yang merupakan gas buang kendaraan bermotor bisa membahayakan masyarakat yang sedang merayakan pergantian tahun.

Kasatlantas Polresta Yogyakarta, AKP Maryanto mengungkapkan, rekayasa lalu lintas CFN akan diterapkan mulai 18.00 WIB pada 31 Desember 2023 hingga 01.00 WIB pada 1 Januari 2023.

Arus lalu lintas masuk ke kawasan Malioboro dialihkan, selanjutnya arus kendaraan dari Kleringan atas maupun bawah akan diputarkan ke stadion Kridosono.

Sedangkan kepadatan di seputaran jalan Pasar Kembang, dilakukan strategi untuk rekayasa lalu lintas di simpang Jlagran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: