BMKG: Waspada Cuaca Buruk di Malam Tahun Baru 2024

BMKG: Waspada Cuaca Buruk di Malam Tahun Baru 2024

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati -BMKG, tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem (curah hujan sedang hingga lebat) di sejumlah wilayah Indonesia saat Tahun Baru pada periode 31 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, bahwa pihaknya mendeteksi beberapa fenomena dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan potensi hujan lebat.

BACA JUGA:BMKG Ungkap Cuaca Selama Nataru di Jalur Selat Bali Aman

Fenomena itu juga dapat dimungkinkan meningkat menjadi ekstrem pada wilayah-wilayah tertentu di beberapa wilayah Indonesia terutama di periode awal hingga pertengahan Januari 2024.

"Adanya aktivitas Monsun Asia Musim Dingin yang bertiup dari Asia yang diasosiasikan dengan angin baratan dan fenomena tersebut diperkuat dengan adanya aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) yaitu fenomena di mana kumpulan arak-arakan awan-awan hujan yang bergerak dari arah barat Indonesia di timur Afrika di sepanjang khatulistiwa melintasi Samudra Hindia dan saat ini terdeteksi mulai memasuki wilayah Indonesia," jelas Dwikorita, Minggu 31 Desember 2023.

BACA JUGA:Waspada Cuaca Ekstrem di Aceh-Papua Hari Ini Sampai Sabtu, BMKG Beri Imbauan Tegas: Ada Siklon Tropis 94P

Kondisi tersebut, lanjut dia, dapat memicu potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan yang tentunya dapat mengakibatkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Adapun wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat pada periode 31 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan papua.

BACA JUGA:Sudah Masuk Musim Hujan Kok Jakarta Masih Panas Terik? Simak Penjelasan BMKG

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti angin puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan sebagainya," tambahnya.

"Dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin selama periode tersebut," jelas Dwikorita.

Sementara pada periode 03 - 06 Januari 2024, wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatrea Selatan, Banten, DKI Jakarta (terutama di bagian selatan yang berbatasan dengan Tangerang), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BACA JUGA:Gempa Bumi Sukabumi Jabar Terasa Sampai Jakarta, BMKG Konfirmasi Gempa Darat, Ini Maksudnya

Dwikorita mengingatkan masyarakat untuk senantiasa mengikuti perkembangan cuaca, mengingat kondisi cuaca sangat dinamis dan dapat berubah dengan cepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: