AS Hikam: Kalau PBNU Anggap Sepele, Isu MLB NU Bisa Jalan Terus

AS Hikam: Kalau PBNU Anggap Sepele, Isu MLB NU Bisa Jalan Terus

AS Hikam-Dokumentasi Pribadi-

JAKARTA, DISWAY.ID – Reaksi warga Nahdliyin setelah keputusan PBNU memberhentikan KH Marzuki Mustamar sebagai Ketua PWNU Jatim mulai bermunculan. Puluhan karangan bunga dukungan untuk KH. Marzuki Mustamar, berdatangan di Kantor PWNU Jatim, Minggu 31 Desember 2023. 

Isi dari karangan bunga tersebut semuanya mengarah kepada kekecewaan terhadap tindakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang dengan mengejutkan memberhentikan Kiai Marzuki.

Dunia maya juga tak kalah heboh, sejumlah Kiai dan tokoh NU bermunculan mengeluarkan statemen mempertanyakan keputusan aneh yang dikeluarkan PBNU dengan memberhentikan Kiai Marzuki Mustamar. 

Tokoh sepuh NU mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia era Presiden Abdurrahman Wahid, Muhammad AS Hikam, misalnya dalam sebuah diskusi bertajuk Polemik Pemecatan Ketua PWNU Jatim dan Usul Gelar MLB PBNU menyatakan bisa saja terjadi Musyawarah Luar Biasa (MLB) di PBNU.


Sejumlah karangan bunga berjejer di kantor PWNU Jawa Timur, Surabaya.-Tangkapan layar-

"Kalau isu MLB ini dibiarkan dan dianggap sepele oleh PBNU maka ini (MLB) akan jalan terus terus. Meski ini bukan sesuatu yang kita inginkan tetapi akan terjadi jika PBNU tidak pandai melakukan komunikasi yang baik ke publik untuk mencari solusi konflik ini," kata AS. Hikam.

BACA JUGA:MLB NU, Vox Populi, dan Alasannya

BACA JUGA:Karangan Bunga 'Kekecewaan' Berjejer Buntut Ketua PWNU KH Marzuki Mustamar Dicopot

Bahkan kader NU, Mukhlas Sarkun, dalam diskusi tersebut menyatakan telah menengarai ada sebuah gerakan yang dilakukan beberapa PCNU dan PWNU untuk menggelar KLB NU. "Setelah isu MLB NU ini bergulir saya menengarai ada beberapa PCNU dan PWNU sudah melakukan konsolidasi untuk MLB NU," katanya.  

Sementara Pengasuh Pesantren Bina Insan Mulia, KH. Imam Jazuli, menyatakan pemecatan Kiai Mustamar Marzuki oleh PBNU bisa mengarah ke MLB NU.

"Ini sangat berbahaya dan pemecatan ini bisa mengarah ke MLB apalagi PBNU terbukti melanggar AD/ART," kata Kiai Imam.

Dalam sebuah wawancara, KH Imam Jazuli yang viral di televisi nasional komentar beragam juga bermunculan. Dari 8000 komentar 56  persen menghendaki pemberhentian Gus Yahya sebagai ketua umum PBNU. 


Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar.-Tangkapan layar-

Dalam AD/ART NU disebutkan Bab XXI Permusyawaratan Tingkat Nasional, Pasal 74 ayat (1) menyebutkan: Muktamar Luar Biasa dapat diselenggarakan apabila Rais 'Am dan/atau Ketua Umum Pengurus Besar melakukan pelanggaran berat terhadap ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Dan dalam ayat (2), MLB bisa diselenggaran atas usulan 50+1% dari jumlah wilayah dan cabang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: