Posko BNPB, Jamin Wisata Aman Bencana saat Libur Nataru

Posko BNPB, Jamin Wisata Aman Bencana saat Libur Nataru

Posko BNPB, Jamin Wisata Aman Bencana saat Libur Nataru-BNPB-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beserta dinas dan lembaga terkait turut bersiaga di sejumlah lokasi wisata untuk bersiaga dan sigap jika ada kejadian kedaruratan Bencana.

Kehadiran posko itu dimaksud untuk memberikan perlindungan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung saat menikmati masa berlibur dengan keluarga, mengingat periode akhir tahun dan awal tahun berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, longsor dan angin kencang.

BACA JUGA:Posko Siaga Bencana BNPB dan BPBD Hadir Kawal Libur Nataru 2023

"Salah satu tempat favorit bagi para pelancong yang akan menikmati waktu libur baik menggunakan pesawat maupun moda transportasi darat adalah Pulau Dewata Bali," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Minggu 31 Desember 2023.

"Tim BNPB dan BPBD juga disiagakan pada tempat-tempat wisata di Provinsi Bali, diantaranya Ulun Danu Beratan Kabupaten Tabanan, Desa Wisata Panglipuran Kabupaten Bangli, Taman Air Tirta Gangga Kabupaten Karangasem dan wilayah Pantai di Provinsi Bali," tambahnya.

BACA JUGA:BNPB dan BPBD Buka Posko Libur Nataru Untuk Antisipasi Bencana, Ini Daftar Lokasinya

Menurut dia, di Pantai Goa Lawa Kabupaten Klungkung, BPBD Kabupaten Klungkung melakukan pemantauan siaga bencana hidrometeorologi bersama Balawista atau penjaga pantai setempat, Polri, Dinas Perhubungan dan perangkat daerah terkait.

Secara umum di masing-masing lokasi wisata di Bali sudah terpasang rambu-rambu dan jalur evakuasi tersedia yang memudahkan wisatawan jika terjadi keadaan darurat.

Beralih ke Pulau Jawa, tepatnya wilayah Alun-alun Kota Batu Jawa Timur, Posko Siaga Nataru yang berisi Tim Gabungan lintas sektor berdiri kokoh tepat di depan Alun-alun.

BACA JUGA:BNPB Konfirmasi Korban Meningal Dunia Erupsi Gunung Marapi Ada 15 Jiwa

Selama 24 jam penuh, petugas bergiliran menjaga keamanan dan memberikan informasi yang diperlukan oleh para wisatawan yang berkunjung di alun-alun itu. 

Tim kesehatan beserta mobil ambulans juga disiapkan apabila ada wisatawan ada yang memerlukan tindakan medis.

Selain di tempat itu, posko juga didirikan di empat lokasi wisata lainnya, seperti Pos Kambal Ngantang, Pos Pujon, Pos Pesanggrahan, Pos Suhat dan Pos Baloga Pandanrejo.

BACA JUGA:Banyak Pendaki Belum Ditemukan, Cak Imin Minta Tim SAR dan BNPB Segera Evakuasi Korban Erupsi Gunung Marapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: