Posko BNPB, Jamin Wisata Aman Bencana saat Libur Nataru

Posko BNPB, Jamin Wisata Aman Bencana saat Libur Nataru

Posko BNPB, Jamin Wisata Aman Bencana saat Libur Nataru-BNPB-

Posko selanjutnya berada di wilayah Candi Prambanan perbatasan Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Posko BPBD Kabupaten Klaten dan Tim Gabungan berada tepat di jalan utama menuju Candi Prambanan ini, tidak pernah kosong dari petugas yang bersiaga, karena lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit.

Selain personel BPBD Kabupaten Klaten yang bersiaga, terdapat pula perwakilan TNI/Polri yang sigap melakukan pengaman, Dinas Perhubungan dan Pramuka siap mengatur arus lalu lintas wisatawan, serta Tim Kesehatan lengkap dengan peralatan medis guna lakukan pertolongan pertama.

BACA JUGA:Innalillahi, Mantan Ketua BNPB dan Satgas Covid-19 Doni Monardo Meninggal Dunia

Memasuki Provinsi Yogyakarta, Tim BNPB-BPBD turut bergabung pada Posko di lokasi pantai yang berisikan SAR, Linmas, Polairud dan relawan setempat. 

Petugas selalu bersiaga memantau pergerakan wisatawan yang mulai ramai, mengantisipasi adanya wisatawan yang terjatuh dan terseret ombak.

Lokasi wisata Pemandian Air Panas Sari Ater yang terletak di Kabupaten Subang Jawa Barat juga menjadi tujuan bagi pelancong untuk menikmati waktu bersama keluarga.

Tim BNPB dan BPBD pun ikut bergabung pada posko yang terletak di area parkir Sari Ater, ada juga tim gabungan yang dibagi untuk patroli di dalam wilayah pemandian terebut.

BACA JUGA:Mantan Kepala BNPB Doni Monardo akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Melihat banyaknya animo para pelancong untuk berlibur ke tempat-tempat wisata yang ada di seluruh Indonesia, BNPB mengimbau kepada para pelancong agar tetap waspada karena lokasi yang dituju merupakan wilayah yang asing dan memungkinkan menjadi wilayah terdampak bencana.

Adapun yang dapat dilakukan antara lain, selalu memantau perkembangan prakiraan cuaca dan informasi potensi bencana yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, kemudian mempelajari karakteristik potensi bencana dan mencari jalur evakuasi terdekat, terakhir mengikuti instruksi dari petugas yang berada di lokasi wisata jika terjadi hal-hal kedaruratan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: