Penggunaan BTS 4G Kominfo, Bisa Tingkatkan Konektivitas Internet di Wilayah Perbatasan

Penggunaan BTS 4G Kominfo, Bisa Tingkatkan Konektivitas Internet di Wilayah Perbatasan

Ilustrasi proyek BTS 4G Kominfo-dok Kominfo-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) dinilai meningkatkan konektivitas internet di daerah pelosok, khususnya di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

"Keberadaan BTS 4G sangat penting untuk meningkatkan konektivitas internet di pelosok negeri, terutama daerah 3T,” kata Menteri Kominfo (Menkomifo), Budi Arie Setiadi, dalam keterangannya, Senin 1 Januari 2024.

BACA JUGA:Achsanul Qosasi Jadi Tersangka Korupsi BTS 4G Kominfo, Bagaimana Nasib Klub Madura United?

Menkominfo Budi Arie mengatakan, konektivitas internet 4G sangat berguna dalam mendukung pertahanan negara.

Misalnya tower BTS 4G yang dibangun (BAKTI) Kementerian Kominfo di PLBN untuk mendukung Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keamanan negara.

“Kominfo telah bekerja sama dan berupaya memberikan dukungan penuh kepada TNI yang menjalankan tugas pengamanan daerah perbatasan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Achsanul Qosasi Anggota BPK Diperiksa Kejagung Hari Ini Atas Kasus Korupsi BTS 4G Kominfo

Menurut Menkominfo, berdasarkan data BAKTI Kominfo, per 10 Desember 2023 lalu, penyediaan infrastruktur BTS 4G yang telah berfungsi atau on air di daerah 3T telah mencapai 6.025 lokasi.

BAKTI Kementerian Kominfo juga menargetkan akan ada penambahan 645 lokasi baru on air per 31 Desember 2023.

“Dari 645 lokasi, 123 lokasi diantaranya, tergantung pada kondisi keamanan dan ketersediaan spare parts, sehingga target lokasi on air 2023 adalah 6.547 lokasi,” jelasnya.

BACA JUGA:Kuasa Hukum Irwan Hermawan Ungkap Kerugian Negara Tak Sampai Rp 8 Triliun, Hadirkan 4 Saksi di Sidang Korupsi BTS 4G Kominfo

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan konferensi video dengan Komandan Pleton PLBN Long Nawang di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, dalam Peresmian Pengoperasian BTS 4G BAKTI Kementerian Kominfo dan Integrasi SATRIA-1 dengan stasiun bumi di Desa Bowombaru Utara, Kecamatan Melonguane Timur, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada Kamis 28 Desember 2023.

Dalam konferensi video dengan jaringan BTS 4G tersebut, Dimas Aryadi Darmawan menyatakan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas pembangunan BTS 4G.

BACA JUGA:Kejagung: Tersangka Korupsi BTS 4G Kominfo Sadikin Rusli Bukan Pegawai BPK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: