Update Korban Gempa di Jepang: 57 Orang Tewas dan Puluhan Bangunan Roboh

Update Korban Gempa di Jepang: 57 Orang Tewas dan Puluhan Bangunan Roboh

Update Korban Gempa di Jepang: 57 Orang Tewas dan Puluhan Bangunan Roboh-Screenshoot/YouTube-

JEPANG, DISWAY.ID - Setidaknya 57 orang tewas dan puluhan bangunan roboh akibat gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter di Semenanjung Noto, prefektur tengah Ishikawa pada Senin kemarin, 1 Januari 2024.

Pemandangan kehancuran muncul di sepanjang pantai barat Jepang ketika tim penyelamat berlomba menyelamatkan warga yang terperangkap di reruntuhan gempa dan beberapa gempa susulan yang mengakibatkan menewaskan puluhan orang, menurut lembaga penyiaran publik Jepang NHK, mengutip pejabat dari prefektur Ishikawa.

Gempa juga meruntuhkan p[uluhan bangunan, serta memicu kebakaran dan peringatan tsunami hingga ke Rusia timur.

BACA JUGA:5 Penumpang Tewas dalam Tabrakan Japan Airlines dengan Pesawat Penjaga Pantai Jepang

BACA JUGA:Brigade Al-Qassam: Target 42 Operasi Militer, 71 Kendaraan Militer Hancur, 16 Tentara Israel Tewas dalam 4 Hari

Badan Meteorologi Jepang mencabut semua peringatan tsunami di sepanjang sebagian pantai barat negara itu pada hari Selasa, namun lebih dari 24 jam setelah gempa terjadi, akses ke bagian utara Semenanjung Noto yang terpencil menjadi terbatas.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan darurat bencana hari Selasa bahwa jalan yang hancur telah memutus akses ke daerah tersebut.

Para pejabat dengan helikopter telah terbang di atas semenanjung, yang terkenal dengan pemandangan pantai dan pedesaannya, dan melaporkan melihat jalan rusak, tanah longsor dan kebakaran besar.

“ Untuk mengamankan jalur ke sana, kami harus mengerahkan seluruh sarana transportasi, tidak hanya transportasi darat tetapi juga transportasi udara dan laut. Kami telah melakukan upaya untuk memindahkan barang, perbekalan, dan personel ke sana sejak tadi malam,” kata Kishida.

BACA JUGA:Pesawat Japan Airlines Berpenumpang 379 Orang Terbakar Hebat di Landasan Pacu Bandara Haneda Tokyo

BACA JUGA:Kemlu Aktifkan Nomor Hotline Untuk Bantu WNI yang Terdampak Gempa di Jepang

Kishida mengatakan pada hari Selasa bahwa anggota Pasukan Bela Diri Jepang telah bergabung dengan polisi dan tim darurat kebakaran dalam menyelamatkan orang-orang dari daerah yang hancur semalaman.

“ Upaya penyelamatan adalah perjuangan melawan waktu. Khususnya korban bangunan roboh, harus diselamatkan secepatnya,” ujarnya.

Kota Wajima di pusat kota yang dihuni lebih dari 27.000 orang yang paling terdampak mengalami kerusakan yan cukup parah akibat gempa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: