Disentil Prabowo soal Etika, Anies: 'Kalo Gak Bisa Jawab Jangan Salahin Penanya!'

Disentil Prabowo soal Etika, Anies: 'Kalo Gak Bisa Jawab Jangan Salahin Penanya!'

Anies Baswedan mengaku kaget dengan sikap Presiden Jokowi yang memberikan komentar terkait debat calon presiden yang berlangsung pada Minggu, 7 Januari 2024 lalu.-Timnas AMIN-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan merespon pernyataan Prabowo yang menyatakan dirinya tak pantas berbicara etik saat di debat.

Ia menilai Prabowo tidak mampu menjawab pertanyaan yang ia ajukan tentang etika. Oleh karena itu, ia menyarankan Prabowo untuk tidak menyalahkan penanya.

BACA JUGA:Bertemu Puan Usai Debat Capres, Anies Buka Peluang Koalisi Paslon 1 dan 3

"Kalau tidak mampu menjawab dan tidak bisa menjawab, jangan menyalahkan penanya. Ya jawab saja pertanyannya," ujar Anies di Gorontalo, Senin, 8 Januari 2024.

Anies mengatakan, harusnya Prabowo memanfaatkan waktu yang tersedia untuk menjawab pertanyaannya.

"Ya jawab aja pertanyaannya. Sama kayak saya ditanya teman-teman media, masa saya larang media buat tanya? Jawab saja,” kata Anies.

BACA JUGA:Jokowi Sentil Anies-Ganjar, Secara Personal Hanya Serang Prabowo: Nggak Baik dan Mengedukasi

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan apa yang ditanyakan itu merupakan fakta.

"Tadi malam saya menujukan fakta-fakta 5 tahun ini, ada problem2 etika terkait dengan sudah terjadi pelanggaran kode etik di MK yang menghasilkan calon wakil presiden yang melewati proses melanggar etik, tapi tetap kompromi," ujarnya.

"Nanti-nanti di tengah perjalanan nanti gimana? itulah sebabnya ketika bicara etika bukan hanya oh ya saya akan menganut standar etika yang tinggi, tapi ada kenyataan problem di sini. nah ini yang saya perlu jawabannya," tandasnya.

BACA JUGA:Lanjutkan Safari Politik, Anies Baswedan Disambut Upacara Adat Mopotilolo Setiba di Gorontalo

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menilai calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan tidak berhak bicara soal etik.

Pernyataan itu muncul usai Anies menyinggung berkaitan dengan etika dan kepemimpinan di bidang pertahanan saat debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Lalu ada kejadian ketika ada pelanggaran etika dan bapak tetap dengan cawapres yang melanggar etika artinya ada kompromi etika kemudian bapak mengolok-olok tentang etika, saya tidak tega mengulanginya. Pertanyaannya, apa penjelasan bapak soal ini?" tanya Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: