Keren! Ini Daftar Wasit Wanita di Piala Asia 2024

Keren! Ini Daftar Wasit Wanita di Piala Asia 2024

Yoshimi Yamashita dari Jepang yang menjadi salah satu wasit wanita di Piala Asia 2023, Qatar-X/@J_League_En-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ajang Piala Asia 2023 akan siap digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

AFC juga telah menyiapkan Sebanyak 74 ofisial pertandingan serta menetapkan  35 wasit dan 39 asisten wasit (termasuk dua nominasi cadangan untuk setiap posisi) dari 18 asosiasi anggota.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Dicukur 5-0 Oleh Sepuluh Pemain Iran, Pelajaran Berharga Jelang Piala Asia

Semuanya dipilih berdasarkan keterampilan dan kompetensi manajemen permainan, pengetahuan teknis, kebugaran fisik serta penampilan yang ditampilkan pada level tertinggi.

Wasit Wanita di Piala Asia 2023

Menariknya, dari jumlah tersebut, termasuk 6 ofisial pertandingan atau wasit dari kaum perempuan. Di antaranya nama Yoshimi Yamashita dari Jepang yang menjadi salah satu dari enam wasit wanita yang secara historis terpilih untuk Piala Dunia Qatar 2022 lalu.

Ofisial lain yang berpengalaman memimpin laga Piala Dunia 2022 lalu adalah Alireza Faghani yang sudah tiga kali memimpin laga Pala Asia dan Abdulrahman Al-Jassim dari Qatar, yang memimpon perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 antara Kroasia dan Maroko.

BACA JUGA:Sebulan Diberi Porsi Latihan Keras oleh Shin Tae-yong Jelang Piala Asia, Ini Tanggapan Rafael Struick

Kinerja wasit di Piala Asia 2024 juga akan dibantu sistem Video Assistant Referee (VAR). Ini akan menjadi sejarah untuk pertama kalinya Piala Asia menerapkan VAR.  

Sebelumnya VAR diterapkan selama Piala Dunia Qatar mulai dari babak perempat final.

Untuk  lebih mematangkan persiapan wasit, AFC akan mengumpulkan seluruh ofisial pertandingan pada Oktober nanti di Kuala Lumpur untuk mengikuti seminar sebagai persiapan terakhir jelang Piala Asia 2023.

BACA JUGA:Resmi! Arhan Sampai Justin Hubner, Ini 26 Pemain Timnas Indonesia Pilihan Shin Tae-yong untuk Piala Asia 2023

Sebelumnya sudah lebih dari 20 seminar dan lokakarya telah diselenggarakan untuk memastikan standar konsistensi dan keseragaman tertinggi di semua tingkatan wasit sejak berakhirnya Piala Asia edisi tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: