Merdeka Belajar, Guru Mengajar Lebih Berkualitas dengan Sistem Pengelolaan Kinerja PMM

Merdeka Belajar, Guru Mengajar Lebih Berkualitas dengan Sistem Pengelolaan Kinerja PMM

Merdeka Belajar-Manfaat Pengelolaan Kinerja PMM -Kemendikbudristek

JAKARTA, DISWAY.ID - Guru dan kepala sekolah saat ini jauh lebih mudah dalam mengajar di sekolah dengan aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Semua petunjuk teknis dan berbagai modul sudah tersedia. 

Guru juga didorong lebih inovatif dan kreatif dalam memberikan materi. 

Pengelolaan Kinerja yang dirancang untuk dilakukan dalam dua siklus setiap tahunnya, dengan satu siklus berlangsung selama periode 6 bulan, bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan.

Keuntungan utama adanya dua siklus dalam satu tahun adalah memberikan kesempatan untuk evaluasi berkala, pemantauan, dan peningkatan kinerja, baik bagi guru maupun kepala sekolah.

Dilansir dari laman resmi Kemendikbudristek, pemangku kepentingan yang terlibat dalam Pengelolaan Kinerja antara lain Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) selaku instansi pembina Guru dan Kepala Sekolah, Badan Kepegawaian Negara (BKN) instansi pemerintah yang membidangi manajemen kepegawaian, dan Pemerintah Daerah sesuai kewenangan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Dinas Pendidikan.

Keterlibatan pemangku kepentingan tersebut memperkuat implementasi Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah sehingga menjadikannya lebih berdampak, dinamis, dan responsif terhadap kualitas pembelajaran selama setahun. 

BACA JUGA:Ini Dampak Penggunaan Animasi Pembelajaran pada Siswa, Bagaimana dengan Kurikulum Merdeka?

Linimasa Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah 

Hal ini mencerminkan komitmen untuk memberikan evaluasi secara berkala dan dukungan secara teratur guna mendukung peningkatan kinerja yang berkelanjutan.

Tujuan yang ingin dicapai dari Pengelolaan Kinerja adalah mendukung Guru dan Kepala Sekolah melakukan peningkatan kinerja dengan lebih terfokus pada 1 indikator kinerja yang telah dipilih pada setiap siklusnya.

Manfaat Pengelolaan Kinerja

Bagi Guru dan Kepala Sekolah yang memenuhi ketentuan yang dapat mengakses pengelolaan kinerja, Guru dan Kepala Sekolah akan mendapatkan manfaat yang signifikan ketika melibatkan diri dalam kegiatan Pengelolaan Kinerja. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh Kepala Sekolah dan Guru meliputi:

Memfasilitasi pegawai (guru dan kepala sekolah) melakukan pengembangan kompetensi dan peningkatan kinerja secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemendikbudristek