Ini Alasan Dishub DKI Jakarta Cabut Stick Cone di Jalur Sepeda

Ini Alasan Dishub DKI Jakarta Cabut Stick Cone di Jalur Sepeda

Ini Alasan Dishub DKI Jakarta Cabut Stick Cone di Jalur Sepeda-X/@adriansyahyasin-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta telah mengevaluasi lajur sepeda terproteksi di berbagai wilayah Jakarta. 

Terdapat pula sejumlah aduan/laporan dari warga terkait kondisi stick cone yang rusak di sejumlah lajur sepeda.

BACA JUGA:Polisi Amankan Mobil Fortuner yang Menabrak Jalur Sepeda di Jalan Jenderal Sudirman

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan, dari hasil evaluasi lajur sepeda terproteksi dan berdasarkan aduan/laporan warga, maka langkah yang diambil adalah pencabutan stick cone secara bertahap di sejumlah ruas lajur sepeda. 

Hal tersebut untuk menjamin keselamatan pesepeda dan pengguna jalan lainnya agar tidak mengalami kecelakaan lalu lintas.

“Pembongkaran stick cone lajur sepeda terproteksi itu karena mengalami kerusakan akibat tertabrak oleh kendaraan bermotor yang tidak diketahui waktu kejadiannya,” ujar Syafrin dalam keterangannya, Rabu 17 Januari 2024. 

BACA JUGA:Pembangunan Jalur Sepeda Jakarta Sudah 70 Persen, Dishub Lanjutkan Pembanggunan

“Selain itu, ada pula aduan masyarakat dalam sistem Cepat Respons Masyarakat (CRM) untuk ditindaklanjuti oleh Dinas Perhubungan. Pembongkaran stick cone dilakukan di 13 ruas sebanyak 8.741 unit atau sepanjang 8,585 kilometer,” tambahnya.

Lebih lanjut, Syafrin menyebut, saat ini masih terdapat 12,525 kilometer lajur sepeda yang terproteksi dengan stick cone, atau sebesar 59,33 persen dari total panjang lajur sepeda terproteksi stick cone. 

Syafrin menjelaskan, pencabutan stick cone ini bukan menghilangkan lajur sepeda terproteksi, tetapi merupakan bagian dari kegiatan pemeliharaan lajur sepeda.

BACA JUGA:Pembangunan Jalur Sepeda Tidak Akan Berhenti Di Tahun 2022, Dishub DKI Beri Jaminan

“Stick cone yang masih bagus dan berfungsi tetap dipertahankan. Selanjutnya, akan dilakukan secara bertahap penggantian stick cone yang rusak dengan paku marka jalan solar cell,” jelas Syafrin.

Saat ini, telah dilakukan pemasangan paku marka jalan solar cell di beberapa ruas jalan sebagai berikut:

1) Jalan Tentara Pelajar sebanyak 194 unit;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: