ESDM Resmikan Pabrik BioCNG Pertama di Indonesia, Percepat Transisi Energi Terbarukan

ESDM Resmikan Pabrik BioCNG Pertama di Indonesia, Percepat Transisi Energi Terbarukan

ESDM Resmikan Pabrik BioCNG Pertama di Indonesia, Percepat Transisi Energi Terbarukan-ESDM-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pabrik BioCNG/Biomethane Komersial Pertama di Indonesia yang berlokasi di Blangkahan POM, Desa Blangkahan, Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, diresmikan Senin 22 Januari 2024

Pembangunan pabrik BioCNG ini resmi berdiri setelah melewati proses pembangun selama kurang lebih setahun tiga bulan.

BACA JUGA:LPG 3 Kg Hanya Boleh Dibeli Pakai KTP Terdaftar per 1 Januari 2024, ESDM Catat 30.023.110 NIK

Pabrik ini dibangun oleh PT KIS Biofuel Indonesia bagian dari rencana pembangunan 25 (dua puluh lima) Pabrik Bio-CNG dengan kapasitas masing-masing 15.500 M3 BioCNG/hari.

Dengan total 387.500 M3 Bio-CNG per hari, yang diperkirakan akan menghasilkan pengurangan 3,7 Juta ton Co2 per tahun dan menghasilkan 3,7 juta kredit karbon per tahun.

"Kami sangat mengapresiasi atas keberhasilan proyek Pembangunan BioCNG Plant pertama yang telah dilaksanakan oleh KIS Group di Langkat ini,” ujar Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Edi Wibowo mewakili Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM dalam sambutannya.

BACA JUGA:Kementerian Keuangan Terima Motor Listrik Konversi dari Kementerian ESDM

“Kami berharap plant BioCNG ini akan berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung transisi energi di Indonesia, khususnya dalam rangka pemanfaatan biogas menjadi energi," tambahnya.

Edi menyampaikan, dalam mendukung program transisi energi, Pemerintah Indonesia melalui berbagai dokumen dan kebijakan telah menyusun target, strategi dan program pemanfaatan energi baru terbarukan secara bertahap, terukur dan cepat. 

Diantaranya adalah dengan menetapkan target pemanfaatan EBT sebesar 23% pada tahun 2025 sebagaimana tertuang dalam Kebijakan Energi Nasional. 

BACA JUGA:Sekarang Gali Sumur di Tanah Sendiri Harus Dapat Izin dari ESDM, Bagaimana Alur Permohonannya?

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian ESDM juga telah menyusun Grand Strategi Energi Nasional (GSEN) sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap konsumsi energi fosil diantaranya terobosan yang sedang dalam tahap kajian adalah pemanfaatan biogas skala besar atau industri sebagai pengganti LPG yakni Bio-CNG atau CBG (Compressed Biomethane Gas).

Untuk mengembangkan BioCNG, Kementerian ESDM melakukan berbagai upaya seperti menerbitkan SNI 9164 Biometana untuk Bahan Bakar di tahun 2023 lalu bersama BSN, serta melakukan go live dan launching Perizinan Berusaha KBLI 35203 pengadaan gas bio yang mengampu perizinan bahan bakar biogas sebagai bahan bakar bersama Kementerian BKPM. 

Selain itu, Kementerian ESDM melakukan kerja sama dengan beberapa mitra dalam rangka mengembangkan Proyek BioCNG melalui proyek pembangunan plant, pengerjaan pre-feasibility study, kajian keekonomian, kajian kebijakan tata niaga dan kajian industri serta bahan baku BioCNG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: