PPJI Siapkan Sertifikasi Pangan Jasa Boga, Dukung Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

PPJI Siapkan Sertifikasi Pangan Jasa Boga, Dukung Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Makan Siang Gratis-PPJI dan chef dukung pelatihan dan sertifikasi pangan-PPJI

“Jika satu kali makan membutuhkan Rp15.000, lanjut Dadi, maka dalam 25 hari sekolah akan ada penghematan sebesar Rp375.000 per bulan. Angka yang nampak sepele akan jadi fantastis jika diakumulasikan secara nasional per tahun. Dengan jumlah mulai dari SD hingga SMA dan SMK sebanyak 44,2 juta siswa, maka akumulasi penghematan dalam setahun mencapai Rp198,9 triliun,” katanya.

“Bisa kita hitung cepat, dengan mempertimbangkan beberapa faktor lain, agregat penghematan biaya rumah tangga bisa mencapai Rp200 triliun. Ini baru siswa sekolah formal, belum termasuk anak prasekolah, sekolah agama seperti madrasah, pesantren dan yang lainnya. Ini penggerak ekonomi baru,” jelas Dadi.

Dadi melanjutkan, menurut Badan Pusat Statistik, PDB Indonesia pada 2023 adalah sebesar Rp20.892 triliun.

Maka, penghematan Rp200 triliun yang dapat dimanfaatkan untuk konsumsi atau tabungan rumah tangga setara dengan 0,96% atau bisa dibulatkan menjadi 1%.

“Itu baru sektor konsumsi. Kita tahu bahwa rumus PDB adalah konsumsi, ditambah investasi, ditambah belanja pemerintah. Nah, di sektor belanja pemerintah akan ada belanja yang diperkirakan mencapai Rp400 triliun. Berbeda dengan bantuan langsung dan bantuan sosial dimana konsumsi masyarakat prasejahtera akan sama dengan jumlah belanja pemerintah, pada program makan siang gratis Prabowo-Gibran ini ada pergerakan ekonomi ketika menyediakan makan siang, tapi juga ada pergerakan ekonomi dari uang tabungan yang dibelanjakan,” papar Dadi yang juga juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ppji