Little Dragon

Little Dragon

Tulisan Dahlan Iskan tentang perayaan Imlek.--

MULAI tadi malam kita berada di Tahun Naga –kalau Anda percaya pada kalender Tiongkok.

Kalau saja masih muda, saya ingin punya anak di Tahun Naga. Setidaknya bisa menyenangkan perdana menteri Singapura

Jangankan saya, anak-anak saya pun sudah tidak bisa punya anak lagi: maka tahun apa pun tinggal dijalani saja sambil menghabiskan sisa hidup.

PM Singapura Lee Hsien Loong berharap banyak di Tahun Naga sekarang ini: "Semoga banyak lahir naga-naga kecil di Singapura," katanya. Ia berharap angka kelahiran di Tahun Naga meningkat. 

Singapura memang memiliki problem kependudukan. Tiap tahun angka kelahiran menurun. Yang paling rendah di tahun 2022: 1,05. Angka di tahun lalu belum terbit tapi diperkirakan kembali menurun.

Tahun Naga memang dipercaya sebagai terbaik untuk melahirkan bayi. Orang yang lahir di Tahun Naga memiliki power dan keberuntungan. Imran Khan yang juga lahir di Tahun Naga jadi juara dunia kriket dari Pakistan. Lalu jadi perdana menteri. Bahwa kemudian dijatuhkan dan masuk penjara tentu bukan salah si Naga.

Deng Xiaoping juga lahir di Tahun Naga: 1904, 1916, 1928, 1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000, 2012, 2024. Juga John Lennon, Martin Luther King, Bruce Lee, Rihana, Shakira, Vladimir Putin, Christian Dior, dan legenda sepak bola Pele.

Di Tahun Baru Imlek tadi malam keluarga Tionghoa berkumpul di rumah orang tua. Bagi yang sudah tidak punya orang tua mereka berkumpul di rumah kakak tertua. Bisa juga di rumah keluarga yang dituakan.

Mereka makan bersama. Makanannya khusus makanan Tahun Baru. Yang wajib: mie panjang umur

Kini banyak juga yang berkumpulnya di restoran. Lebih praktis. Yang penting makan-makan.

Saya sendiri tadi malam di luar kota. Pagi-pagi ini saya balik ke Surabaya: untuk ber-sport dance di Rumah Gadang pukul 05.45.

Pengurus senam sudah memutuskan: semua harus pakai pakaian adat Tionghoa. Begitulah setiap tahun –di hari raya Imlek. Di antara 200 anggota grup sport dance, sekitar 15 orang yang Tionghoa.

Mayoritas anggota kami berjilbab namun hari ini ikut berpakaian adat Tionghoa plus jilbab.

Di Tahun Naga pagi ini pengurus menyediakan makanan istimewa. Yakni dari salah satu anggota senam yaBACA JUGA:Pemukul Bolang Tionghoa. Menunya khusus: salad gaya Imlek Singapura dan mishua. 

Maka, setelah senam, kami akan makan-makan. Di 10 meja. Tiap meja untuk 15 orang. Di tengah meja sudah siap salad berbagai sayur. Menggunung di satu piring besar. Mereka harus menaburkan sendiri pecahan kacang tanah di atas sayur. Lalu menuangkan sausnya. 

Setelah itu semua harus memegang sumpit. Dengan sumpit itu mereka ramai-ramai mengaduk salad: agar sayur, kacang dan sausnya menyatu. Cara mengaduknya: semua menggunakan sumpit, mengambil sayur, mengangkatnya tinggi-tinggi untuk dijatuhkan ke piring lagi. Setengah berebut: siapa yang angkat sayur dengan sumpit yang paling tinggi. Berkali-kali. Sampai salad tercampur sempurna. Sebagian sayur pasti terlempar ke luar piring. Tidak apa-apa. 

Saya beberapa kali merayakan Imlek di Singapura. Seperti itulah gayanya. Tidak saya temukan ketika merayakan Imlek di Tiongkok maupun di Taiwan.

Setelah makan salad ala Singapura itu barulah masing-masing makan mishua berkuah panas. 

新年快乐!(Dahlan Iskan)

Follow WA Channel Harian Disway--

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 9 Februari 2024: BACA JUGA:Pemukul Bola

Amat K.
Saya tertarik dengan paragraf ini "Coba Anda perhatikan baik-baik logo itu: di mana telak bahayanya. Bentuknya sangat sederhana. Bagi kita yang tidak akrab dengan kriket bisa jadi logo itu dianggap talenan di dapur istri: untuk landasan iris cabe atau bawang bombai". Abah menganggap biasa karena tidak terkoneksi sama sekali dengan logo-logo itu. Lambang (logo) secara sederhana dapat diartikan sebagai tanda yang memiliki makna. Makna tersebut bersifat dinamis, khusus, subjektif, kias, dan majas. Di Indonesia warna merah dan putih yang ada di bendera negara melambangkan keberanian dan kesucian. Makna lambang tersebut dapat saja berbeda dengan daerah di belahan bumi lainnya karena maknanya bersifat dinamis dan situasional. Lambang (logo) bersifat konvensional. Artinya kesepakatan bersama. Berdasar kesepakatan itulah masyarakat menafsirkan hubungan antara logo dengan objek yang diacu (referen) dan menafsirkan maknanya. Sepakat di sini adalah kesepakatan masyarakat menggunakan logo itu dan sepakat memberinya makna. Di antara banyak gambar mengapa harus gambar itu yang dipilih? Gambar yang lebih keren kek, misalnya. Subjektif sekali. Karena itu sudah jadi kesepakatan dan punya makna filosofis. Logo peralatan tukang dan peralatan tani di negara tetangga Zimbabwe mungkin bagi penduduk bangsa lain bukan suatu hil yang dimaknai bahaya dan ditakuti. Tapi bagi sekelompok masyarakat tertentu justru sangat bermakna. Melambangkan sesuatu misalnya.

Mirza Mirwan
Kalau Pak DI menulis "Hampir pasti partai penguasa yang menang: PML-N", ternyata saya cek hasil sementara yang memenangi pemilu pakistan adalah caleg Independen -- mayoritas Independen PTI. Dari Provinsi Khyber Pakhtunkhwa yang terbagi dalam 48 dapil (NA-1 -- NA-48) saja caleg Independen (PTI) memenangi 30-an dapil, Liga Muslim Pakistan - Nawaz (PML-N) kurang dari 5 dapil. Sementara di Provinsi Punjab, kandang PML-N, ternyata PML-N juga kalah dari Independen. Dari 140 dapil (NA-49 -- NA-189) tadi saya cek secara acak Inependen PTI menang di 40 dapil, sementara PML-N hanya 22 dapil. Beberapa dapil hasilnya belum masuk. Dan, waini, Nawaz Sharif yang bertarung di dapil NA-130 Punjab-Lahore ternyata kalah dari Yasmin Rashid (Independen/PTI). Nawaz Sharif 19.766 suara, Yasmin Rashid 27.210 suara. Pada pemilu 2018 PTI memenangi 116 kursi DPR (National Assembly/Qawmi Assimblie). Masih ditambah 28 kursi perempuan dan 5 kursi non muslim. Jadi totalnya 149 kursi. Pada pemilu kali ini, boleh jadi, caleg Independen PTI dan non PTI bisa meraih sekitar 135 kursi. Untuk membentuk pemerintahan pasti mereka pilih menggandeng PPP ketimbang PML-N. Ketua PPP sendiri, Bilawal Bhutto, kayaknya gagal meraih kursi. Tetapi sang ayah, Asif Ali Zardari menang di dapil NA-207 Sindh. Kata Sikandar Sultan Raja, ketua KPU-nya Pakistan (Election Commission of Pakistan/ECP) keseluruhan hasil mungkin bisa diumumkan pukul 8 atau 9 -- tidak jelas, pagi atau malam.

ikhwan guru sejarah
Pak Agus ini kok banyak mirip dengan saya. Neneknya di Wetan Beteng, nenek saya juga tinggal di Lobaningratan Prawirodirjan. Tahun 79 bapak ibu sya bisa beli rumah di Njeron Beteng magersari di Mangunnegaran tempat saya menghabiskan masa kecil disana. SD saya juga di Keputran 4.. jangan2 kita tetangga

Udin Salemo
Ethiopia tak menunggu 40 tahun untuk jadi negara lebih baik ekonominya. Masih terngiang Iwan Fals menyanyikan lagu Ethiopia tahun 1986. Sekarang kalau Iwan Fals melancong ke Ethiopia mungkin akan bikin lagu lagi. Bukan tentang kemiskinan. Tapi tentang perubahan dari negara miskin. Mesir pernah mencak-mencak karena Ethiopia membendung hulu sungai Nil untuk membangun PLTA berkapasitas 6500 MW. Wooowww....

Xiaomi A1
Klo logo tongkat pemukul dilarang mungkin opsi logo bakso tusuk bisa dipertimbangkan, Mungkin kelihatan lebih serem, tp sebenarnya gak juga, nanti tinggal ngeles : justru dengan sujen ini bola2 yg terpisah ini bisa disatukan..

yoming AFuadi
Entah dapat firasat atau pikiran darimana, rasanya kalau mBah DI cerita tentang amerika seolah2 menceritakan tentang masa kejayaan masa lampau, kalau bercerita soal tiongkok menceritakan kejayaan masa kini dan yad, nah ini kalau bercerita soal pakistan dan seputarannya kok seakan-akan merefleksikan diri bahwa kondisi di negara ini masih ada yg lebih parah, terutama tentang dunia perpolitikan. Sebenarnya dimanapun suatu negara, selama pelanggaran etika dan moral dicari pembenarannya melalui hukum yah.... tunggu saja kehancurannya. Karena hubungan antar sesama umat baik manusia maupun lingkungan sekitar dasarnya adalah etika dan moral, sedangkan hukum diciptakan untuk memastikan etika dan moral itu dijalankan dengan baik dan semestinya. Kepareng, tabik.

Lagarenze 1301
Santai sejenak. Seorang wanita kaya raya memiliki tiga menantu lelaki dari putri-putrinya. Suatu hari dia ingin menguji apakah para menantunya peduli padanya atau hanya menyayangi anaknya. Dia pun mengajak menantu pertama naik perahu motor untuk berlayar ke tengah laut, lalu dengan sengaja menjatuhkan diri dari perahu. Tanpa pikir panjang, menantu pertama langsung terjun ke laut untuk menyelamatkannya. Besoknya, sang menantu mendapati mobil Toyota Alphard terparkir di depan rumah dengan tulisan: “Dari ibu mertuamu”. Selanjutnya, dia menguji menantu kedua dengan hal yang sama dan mendapatkan hasil serupa. Wanita ini pun memberikan Toyota Vellfire sebagai hadiah untuk menantu keduanya. Terakhir, giliran menantu ketiga yang dia ajak berlayar ke tengah laut. Sayangnya, ketika wanita tersebut pura-pura tercebur, menantu ketiga malah membiarkannya tenggelam dan langsung kembali ke pantai. Namun, esok harinya, menantu ketiga mendapati sebuah mobil Mercedes Maybach baru terparkir di depan rumah. Di atasnya, ada secarik kertas bertuliskan: “Dari ayah mertuamu”.

Everyday Mandarin
Ini cerita malam Imlek tahun 2023 lalu di salah satu desa di China: Ayong adalah driver ojol gelap di China. Sehari2 dia curi2 jadi ojol ngangkut penumpang di desanya yang dilarang. H-2 Tahun Baru Imlek, Ayong ingin narik penumpang. Ibunya menasehati kl H-2 Imlek jangan bekerja lagi. Pantang kl menurut tradisi Tionghua. Tapi, Ayong ngotot pengin narik jadi ojol di sore ke malam itu. Akhirnya, jam 19:00 malam, Ayong dapat order dari seorang penumpang. Penumpang minta diantar ke Jalan Lanxing yang merupakan daerah pemakaman sepi. Penumpang perempuan ber-cheongsam putih. Sangat aneh melihat zaman seorang masih ber-cheongsam di hari biasa. Rambutnya panjang. Walau agak takut, apalagi melewati pemakaman, Ayong tetap mengantarnya. Kebut. Jalanan ke sana rusak parah. Mungkin belum dilapor ke Xi Jinping. Setelah kebut sampai ke ujung jalan, Ayong menoleh ke belakang kursi motornya dan arrrgh...si gadis hilang. Ayong pun teringat nasehat ibunya. Dan buru-buru pulang karena ketakutan. H-1 Imlek, Ayong pun nekad bekerja lagi. Dapat 1 order lagi dari seorang gadis. Kali ini berdaster merah menyala. Mukanya penuh luka. Minta diantar ke tabib, di dekat Jalan Lanxing juga. Jadi harus lewat Jalan Lanxing lagi. Karena Ayong merasa ini gadis yang berbeda dengan kemarin, Ayong pun mengantarnya. Kebut juga saat melwati Jalan Lanxing. Tiba2 si gadis pun menepuk bahu Ayong, "Bang, jangan terlalu kebut. Nanti saya jatuh lagi kayak kemarin." --------- Happy birthday ke-6 buat Disway.

Lagarenze 1301
Mengapa banyak partai politik di Pakistan menggunakan simbol, seperti buah apel, HP, bahkan misil? PML-N (Pakistan Muslim League-N) menggunakan simbol harimau, PPP (Pakistan Peoples Party) panah, PTI (Pakistan Tehreek-e-Insaf) pemukul kriket. Saya pernah baca, sekitar 40 persen penduduk Pakistan buta aksara. Maka, penggunaan simbol akan lebih efektif untuk sosialisasi parpol. Jumlah penduduk Pakistan per 9 Februari 2024 mencapai 243 juta jiwa. Yang tercatat sebagai pemilih 128 juta. Pada Pemilu 2024, terdapat 150 simbol partai dan 174 simbol calon independen. Entah bagaimana mereka mengampanyekannya. Entah bagaimana pemilih mengingatnya. Kita di Indonesia, parpol peserta Pemilu 2024 juga menggunakan simbol. Tentu bukan karena banyak penduduk yang buta aksara. Berdasarkan Survei BPS 2022, angka buta aksara di Indonesia usia 15 sampai 59 tahun sekitar 1,5 persen atau sekitar 2,6 juta jiwa. Ada beberapa partai yang menggunakan simbol hewan, terbanyak burung garuda (4) dan banteng (1). Simbol lain yang juga banyak dipakai adalah bulan sabit dan bintang. Ada juga yang menggunakan simbol kakbah, padi, kapas, dan lainnya. Mengapa burung garuda? Umumnya sebagai simbol keberanian dan kekuatan. Yang menarik, dari 4 parpol yang memakai simbol garuda, dua partai kepala garuda menghadap ke kanan (Partai Gerindra dan Partai Garuda), dua partai kepala garuda menghadap ke kiri (Partai Kebangkitan Nusantara dan Partai Persatuan Indonesia).

Handoko Luwanto
Para sobat Perusuh Disway, sy bikin aplikasi untuk hitung-cepat hasil Pilpres 2024. Bebas dipakai oleh khalayak luas di mana pun berada, tanpa login, tanpa iklan, yaitu di : https://www.codingme.id (bagi pengguna Hp) https://www.codingme.id/k (bagi pengguna laptop) Dimohon partisipasinya, ya sobat _/\_. Boleh di-share ke umum. Trima kasih _/\_ :-)

Handoko Luwanto

Behind The Scene "Selamat Ultah Disway #6" : (merespon reply kak Duwi di bawah) 1. Buka aplikasi text-editor di laptop (sy pakai Notepad++). 2. Cari 3 simbol/karakter di https://www.i2symbol.com/symbols, yaitu ⬜⬛♒ 3. Susun ⬜⬛ membentuk huruf-2 di Notepad++, dengan copas sana-sini. 4. Seblum di-copas ke Disway, ganti ⬛ dengan ♒ dengan tombol Find-Replace. 5. Mengapa tdk langsung pakai ♒, karna di Notepad++ lebar simbol ♒ tdk sama dg ⬛ sehingga display nya tampak tdk rata di Notepad. 6. Mengapa pakai simbol ♒, karna itu lambang Aquarius, bintangnya kelahiran Disway :-).

Handoko Luwanto
O....shio ayam ya kak EM. OK, noted, direvisi, makasih infonya ya kak. Cara copas di Disway : 1. Cara Aman: nonaktifkan opsi Javascript-Enabled di seting nya Firefox. Lalu refresh Disway sblum copas. Stelah copas & Send, opsi nya mesti dikembalikan menjadi aktif. Cara ini hanya bisa di Komentar Utama, bukan Reply. 2. Cara kurang aman: install add-on Firefox, yaitu "Force the Paste". Kurang aman karna ada peringatan dini bhw add-on ini bisa membaca data-2 laptop kita. Cara ini powerful karna bisa juga copas di Reply & menembus batas maksimal huruf komentar.

Everyday Mandarin
Disway shio ayam pak HL. Krn Tahum Baru Imlek jatuh di 16 Feb 2018. Dan Disway lahir di 9 Feb 2018, jadi masih shio ayam. Mulai 16 Feb 2018 jam 00:00 baru masuk tahun anjing. Btw, cara paste ke Disway gimana, pak?

Handoko Luwanto
/ \__( @\___ / O / (_____/ /_____/ U

Liam Then
Zulfikar Ali Bhutto, kemudian lewat peradilan kontroversial, harus mati di tiang gantungan. Nasib serupa dialami oleh putrinya Benazir Bhutto, yang dikudeta, kemudian mengasingkan diri, kemudian kembali, saat kepulangannya dari pengasingan, lolos dari percobaan bom bunuh diri, yang telan korban 180 jiwa. Tapi apa nyana, tewas jua pada percobaan pembunuhan berikutnya. Putri mantan PM terkudeta, yang juga mirip ayahnya pernah dikudeta meskipun gagal, ternyata nasibnya mengikuti ayahnya , terbunuh karena intrik politik. Sampai pada titik ini,jika maunkita kontraskan antara Pakistan dan Indonesia. Sangat jelas perbedaannya. Di pencapaian sains, sungguh kita kalah jauh, mata cangkul saja masih kita impor, padahal punya BUMN besar pelebur baja, Krakatau Steel. Di pencapaian stabilitas politik , RI boleh angkat dagu, punya militer yang bijaksana, jadi benteng kuat konstitusi nasional, dengan disiplin siaga di barak. Di pencapaian ekonomi, apakah RI boleh bangga? Ntahlah....,Pakistan tidak punya Kalimantan yang kaya batu bara, kayu dan minyak. Pakistan tidak punya Sumatera, Jawa yang kaya dan subur. Pakistan tidak punya deposit nikel no.1 dunia. Pakistan tidak punya teritori laut tropis yang penuh sumber daya. Pakistan tidak punya gunung emas seperti di Papua, yang setelah habis dipapas diatas, masih tersisa banyak dibawah gunung. Pakistan tidak punya yang banyak RI kita punya. Tapi mereka punya kemampuan, untuk bangun sendiri senjata pamungkas.

Handoko Luwanto
⠀⢀⢬⡷⠛⡂⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⡎⡳⣐⠊⢥⡀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⢀⣀⣀⣀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠰⢻⠀⠩⠗⡄⠙⢆⠀⠀⠀⠀⠀⢀⡴⠚⠉⠀⠀⠀⠈⠑⠢⡀⠀⠀ ⠀⠰⣄⡘⠚⢀⠀⢸⠀⠀⠀⠀⢠⠏⠀⠀⠀⣀⠔⠒⠀⠒⢤⡈⢆⠀ ⢠⠊⠀⠀⠀⠀⡆⢸⠀⠀⠀⠀⡼⠀⠀⠀⠜⢋⡉⠀⢉⠢⡀⠹⡜⡄ ⡎⠀⠀⠀⠀⢠⠃⠘⣆⠀⠀⠀⡇⠀⠀⠀⠀⢉⣀⣉⡠⡙⢎⡆⢣⡇ ⡁⠀⠀⠀⡔⠁⠀⠀⠈⠉⠑⠒⠒⠤⡀⢀⡀⢬⢅⢂⠉⢧⠈⡷⢸⠃ ⡇⠀⠀⡌⡄⠀⠀⠀⠀⠀⠈⠄⠀⠀⠐⡄⠫⠫⡆⢻⠀⠈⠀⠁⠈⠀ ⠹⣄⠀⠀⢱⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠈⠢⡀⠀⢸⢻⠀⠇⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠈⠳⣄⢄⠳⡀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠈⠲⣤⡁⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠈⢇⠑⢎⠑⠒⠄⠤⠤⠤⡤⠒⠋⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠈⡆⠈⣆⠀⢸⠉⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠘⡆⠘⢒⠚⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⢀⣠⣤⣤⢇⠆⢸⢀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠈⠀⠠⠒⠛⢻⡧⠎⠁⠀⠀⠀⠀⠀⠀

Liam Then
Apa sebabnya kelapa Thailand bisa sampai masuk ke Indonesia ? Saya sibuk analisa, begini sementara hasilnya. Selain karena nenek moyang kita pelaut, dari banyak sejarah, nenek moyang kita ternyata banyak juga yang pedagang. Yang jadi lagu baru yang pelaut, mungkin entah berapa windu lagi, bisa menyusul lagu , "Nenek Moyangku Orang Pedagang", apa saja didagangi, dari mata cangkul sampai hukum. Mungkin ya, ..mungkin....belum terjadi( lagunya). Masalah kelapa Thailand bisa masuk dan ada yang beli, ini susah kalo dianalisa. Saya lihat fisiknya, itu kurang lebih sama, sama-sama bentuk kelapa. Rasanya saya kira pun sama-sama rasa kelapa, ndak mungkin toh rasa strawberry. Jadi apa sebabnya? Heran saya, mungkin karena kelapa Thailand masuk kardus, nah ini, di Indonesia, saya belum pernah liat kelapa lokal masuk kardus, pas acara mudik pun, kebanyakan masuknya kedalam karung, atau kresek. Bisa jadi, ini sebabnya. Kalo dilihat dari fisiknya, kelapa Thailand itu kecil-kecil. Kecil mahal kok laku. Ini jadi kepikiran lagi, kelapa kita malah lebih besar, malah ada yang lebih enak, kelapa bulan atau kopyor. Jadi analisa sementara saya, sebabnya karena kelapa Thailand masuk kardus. Selain itu, mungkin ada sedikit jejak genetik, efek nenek moyang pedagang. Bisa jadi....cuma spekulasi ya, jangan terlalu dipikirkan, kasihan nanti, cukuplah kita pusing tgl 14 nanti mau jadikan siapa naek kursi jadi orang terepot se-Indonesia .

Handoko Luwanto
Tata cara mencoblos asyik 14 Februari 2024 1. Mandi dulu, pakai baju yang rapi, pakai minyak wangi yg harum,kali aja ketemu jodoh di TPS. 2. Harus datang ke TPS, karena ini bukan Indonesian Idol yang bisa vote lewat SMS. 3. Ingat, TPS buka jam 07.00-13.00, bukan Indomaret/Alfamart yang buka 24 jam. 4. Jangan pilih TPS yang jauh, karena yang dekat saja belum tentu jadian ???? 5. Di TPS harap antri setertib mungkin, jangan berharap ada yang ngasih snack, minuman atau makanan karena ini bukan hajatan.???? 6. Didalam bilik suara seperlunya saja, tidak usah foto2 apalagi tidur, kasian banyak yang antri.???? 7. Buka surat suara, tidak usah buat video karena ini bukan unboxing yang sama seperti di youtube???? 8. Surat suara bukan surat cinta, jadi tidak usah di baca bolak balik, apalagi baca sambil tertawa sendiri.???? 9. Pilihlah sesuai yang ada di dalam hati karena ini bukan mantan yg boleh di pilih ulang???? 10. Coblos sepenuh hati jangan sepenuh jiwa, supaya kalau pilihanmu kalah, paling tidak kamu hanya sakit hati,tidak sakit jiwa???? 11. Setelah nyoblos lipat kartu suara serapih mungkin walaupun hatimu sebenarnya sedang berantakan???? 12. Cari kotak suara, masukan surat suaranya....jangan sampai salah masukin ke kotak amal???? 13. Setelahnya jangan lupa tetesin jari dengan tinta , jangan di celupin, tidak perlu diputer puter apalagi dijilat karena itu bukan Oreo ☺ 14. Pulang tidak perlu dadah-dadah apalagi cium tangan para petugas TPS. ???? 15. Pulanglah lewat jalan yang benar NB: Pakunya jangan dibawa pulang, karena itu bukan souvenir atau hadiah ????

Handoko Luwanto
Baru kali ini bisa bawa pulang Kapak Sakti Nagageni :-) Next, menuju ke perebutan tahta "300 Prajurit Pemberani SPARTA".

Handoko Luwanto
01:17:53pm WIB 213Komen=91utama+122REPLY dari 38Prusuh ♢Urutan↕Komen➜Nama Time ∇213. u➜Handoko Luwanto 13d ∇212↑u➜Ⓗⓐⓝⓓⓞⓚⓞ Ⓛⓤⓦⓐⓝⓣⓞ 37d (Kapak Sakti Nagageni) ∇211↑u➜Liam Then 4m ∇210↑u➜Mirza Mirwan 7m ∇209↑u➜Handoko Luwanto 9m ∇206↓u➜Handoko Luwanto 16m ∇202↓u➜Duwi eko Setiyo gomo 19m ∇200↓u➜Duwi eko Setiyo gomo 20m ∇192↓u➜Duwi eko Setiyo gomo 27m ∇195↓R→Duwi eko Setiyo gomo 21m △196↓R→Duwi eko Setiyo gomo 21m △197↓R→Duwi eko Setiyo gomo 21m ∇199↑R→Duwi eko Setiyo gomo 20m ∇188↓u➜Duwi eko Setiyo gomo 34m △198↑R→Duwi eko Setiyo gomo 21m ∇187↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 35m ∇183↓u➜Gregorius Indiarto 50m ∇190↓R→Liam Then 27m △203↓R→Duwi eko Setiyo gomo 19m ∇179↓u➜Liam Then 1j △184↓R→Liam Then 45m ∇173↓u➜Handoko Luwanto 1j △174↓R→Handoko Luwanto 1j △175↓R→Handoko Luwanto 1j ∇177↓R→Handoko Luwanto 1j △178↑R→Handoko Luwanto 1j △180↓R→Handoko Luwanto 1j △181↓R→Handoko Luwanto 58m △182↑R→Handoko Luwanto 56m △185↓R→Everyday Mandarin 40m △189↑R→Handoko Luwanto 28m △193↓R→Handoko Luwanto 25m △201↑R→Handoko Luwanto 19m ∇205↑R→Handoko Luwanto 16m ∇172↑u➜Lagarenze 1301 1j ∇171↑u➜Handoko Luwanto 1j ∇170↑u➜Handoko Luwanto 1j ∇168↓u➜Handoko Luwanto 1j ∇164↓u➜Gregorius Indiarto 1j △207↓R→Handoko Luwanto 11m ∇163↑u➜Lagarenze 1301 1j ∇159↓u➜Duwi eko Setiyo gomo 2j ∇167↑R→Handoko Luwanto 1j △191↑R→Duwi eko Setiyo gomo 27m △204↑R→AnalisAsalAsalan 19m ∇158↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 2j ∇157↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 2j ∇156↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 2j ∇155↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 2j ∇154↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 2j ∇153↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 2j ∇149↓u➜Everyday Mandarin 3j △150↓R→Liam Then 2j △165↓R→Gregorius Indiarto 1j △186↑R→Everyday Mandarin 39m ∇148↑u➜didik sudjarwo 3j ∇147↑u➜Lagarenze 1301 3j ∇146↑u➜Xiaomi A1 3j ∇145↑u➜Yellow Bean 3j △160↓R→Yellow Bean 2j ∇162↑R→Leong Putu 1j ∇126↓u➜Xiaomi A1 3j ∇141↓R→MULIYANTO KRISTA 3j △142↓R→Leong Putu 3j △143↓R→Xiaomi A1 2j △144↑R→Leong Putu 2j △151↓R→Liam Then 2j △176↑R→Xiaomi A1 1j ∇124↓u➜Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇135↓R→MULIYANTO KRISTA 3j △136↓R→Leong Putu 3j △137↓R→MULIYANTO KRISTA 3j △138↓R→Leong Putu 3j △139↓R→MULIYANTO KRISTA 3j △140↑R→Leong Putu 3j △152↑R→Duwi eko Setiyo gomo 2j △161↑R→Leong Putu 1j ∇123↑u➜Ⓓⓤⓦⓘ ⓔⓚⓞ Ⓢⓔⓣⓘⓨⓞ ⓖⓞⓜⓞ 3j (Pedang Keramat Jirolu) ∇122↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇121↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇120↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇119↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇118↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇112↓u➜Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇111↑u➜Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇107↓u➜yoming AFuadi 3j ∇91↓u➜Handoko Luwanto 4j ∇95↓R→Udin Salemo 4j △96↓R→Handoko Luwanto 4j ∇98↓R→Handoko Luwanto 4j ∇109↓R→Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇88↓u➜Echa Yeni 4j ∇93↓R→Echa Yeni 4j ∇87↑u➜Iskandar Modeong 4j ∇102↓R→AnalisAsalAsalan 4j △110↑R→Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇77↓u➜Echa Yeni 4j ∇76↑u➜Handoko Luwanto 4j ∇75↑u➜Handoko Luwanto 4j ∇81↓R→Echa Yeni 4j ∇85↓R→Handoko Luwanto 4j △86↑R→Leong Putu 4j △97↑R→MULIYANTO KRISTA 4j ∇106↑R→Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 3j △108↑R→Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇134↑R→Jimmy Marta 2j ∇74↑u➜Handoko Luwanto 4j ∇73↑u➜Handoko Luwanto 4j △99↓R→MULIYANTO KRISTA 4j △113↓R→Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇71↓u➜Xiaomi A1 4j ∇133↑R→Xiaomi A1 3j ∇70↑u➜Juve Zhang 4j ∇101↑R→Udin Salemo 4j △166↑R→Juve Zhang 1j ∇68↓u➜Kholifatul Isnaeni 4j ∇79↓R→Nimas Mumtazah 4j △114↓R→Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇66↓u➜Udin Salemo 4j ∇59↓u➜Xiaomi A1 5j ∇55↓u➜Juve Zhang 5j △72↑R→Udin Salemo 4j ∇83↓R→M.Zainal Arifin 4j △94↑R→Juve Zhang 4j ∇53↓u➜Pedro Patran 5j ∇52↑u➜AnalisAsalAsalan 5j ∇51↑u➜AnalisAsalAsalan 5j △115↓R→Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇50↑u➜Nimas Mumtazah 5j △54↑R→Leong Putu 5j ∇57↓R→MULIYANTO KRISTA 5j △60↓R→MULIYANTO KRISTA 5j △61↓R→Nimas Mumtazah 5j ∇63↓R→Nimas Mumtazah 4j △67↑R→AnalisAsalAsalan 4j △78↑R→Leong Putu 4j △84↑R→Leong Putu 4j ∇90↑R→Nimas Mumtazah 4j △103↓R→MULIYANTO KRISTA 4j △116↓R→Nimas Mumtazah 3j △117↑R→Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇129↓R→Xiaomi A1 3j △130↓R→MULIYANTO KRISTA 3j △131↓R→Leong Putu 3j △132↑R→MULIYANTO KRISTA 3j △208↑R→Nimas Mumtazah 10m ∇47↓u➜Er Gham 5j △194↑R→Duwi eko Setiyo gomo 22m ∇46↑u➜Jimmy Marta 5j ∇49↑R→Leong Putu 5j ∇105↑R→MULIYANTO KRISTA 3j ∇43↓u➜Jokosp Sp 5j △48↑R→Leong Putu 5j △62↑R→MULIYANTO KRISTA 5j △89↑R→Leong Putu 4j △92↑R→Jokosp Sp 4j ∇42↑u➜Leong Putu 5j ∇45↑R→Jokosp Sp 5j △56↑R→Leong Putu 5j △64↓R→MULIYANTO KRISTA 4j △100↑R→Leong Putu 4j ∇41↑u➜Er Gham 5j ∇39↓u➜AnalisAsalAsalan 5j ∇34↓u➜Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 6j ∇37↓R→Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 5j △58↑R→Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 5j △65↑R→Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 4j △82↑R→ikhwan guru sejarah 4j ∇33↑u➜Mirza Mirwan 6j ∇36↑R→Mirza Mirwan 5j ∇128↑R→Xiaomi A1 3j ∇32↑u➜thamrindahlan 6j △35↑R→AnalisAsalAsalan 6j △80↑R→Fiona Handoko 4j △104↑R→AnalisAsalAsalan 3j ∇30↓u➜Amat K. 6j △31↑R→Amat K. 6j △38↑R→Jokosp Sp 5j △69↑R→Ⓐⓜⓐⓣ Ⓚ. 4j (Tongkat Perkasa Kamasutra) △169↑R→djokoLodang 1j ∇29↑u➜Handoko Luwanto 6j ∇28↑u➜DeniK 7j ∇27↑u➜DeniK 7j ∇26↑u➜AnalisAsalAsalan 7j ∇24↓u➜AHLUL HIDAYAH✏️ 7j ∇23↑u➜Amat K. 7j △40↑R→Jokosp Sp 5j △44↑R→Leong Putu 5j ∇20↓u➜djokoLodang 7j ∇19↑u➜Iskandar Modeong 7j ∇18↑u➜rid kc 8j ∇17↑u➜Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺 8j ∇16↑u➜Legeg Sunda 9j ∇15↑u➜Rizal Falih 9j △25↑R→Rizal Falih 7j ∇13↓u➜M.Zainal Arifin 9j △14↑R→M.Zainal Arifin 9j ∇12↑u➜Legeg Sunda 9j ∇10↓u➜nur cahyono 9j △11↑R→nur cahyono 9j ∇9↑u➜iya nok 9j ∇8↑u➜Udin Salemo 9j ∇3↓u➜MULIYANTO KRISTA 9j △4↓R→Udin Salemo 9j △5↓R→MULIYANTO KRISTA 9j △6↓R→Legeg Sunda 9j △7↑R→MULIYANTO KRISTA 9j △21↓R→Nimas Mumtazah 7j △125↑R→Duwi eko Setiyo gomo 3j ∇2↑u➜Lagarenze 1301 9j 1↑u➜Lagarenze 1301 9j △22↑R→Nimas Mumtazah 7j △127↑R→Lagarenze 1301 3j urutan sebelumnya(♢) & sesudahnya(↕) ada di atas/bawahnya

djokoLodang
--o-- . Bersama Aloui, suaminya, Tante Korina menghadiri suatu acara di Kedutaan Pakistan Saat Aloui sedang asyik berbicara dengan koleganya, agak berjauhan, Tante Korina memberanikan diri menyapa seseorang yang berdiri di dekatnya. Kebetulan di meja terhidang masakan India yang mirip bakmi. "Excuse me, Mister... Do you like me?" --maksudnya, apakah Anda suka mie? Kaget campur senang, si Mister menjawab."Oh yes, of course, Madam. I like you. You are very beautiful," sambil matanya melirik genit, diiringi senyum nakal. "Lho, kenapa orang ini jadi cunihin?" demikian pikir Tante Korina. "Wah, gawat, aku harus cepat-cepat menghindari dia. Tapi, bagaimana, ya...baiknya ...Apa, yaa,.... Begini saja, aku akan pamit, karena gak enak badan." Cepat-cepat dibukanya kamus kecil yeng selalu ada di sakunya. "I am sorry, mister." "My body is not delicious ...." --0--

iya nok
miskin imajinasi mungkin krg budaya ngopi + udud + gorengan. banyak teman-teman yg ngopi sambil ngobrol trus tiba tiba dpt penyelesaian masalah tp banyak jg solusi yg d dpt d dlm sholat spt bang Joko ato siapa (lupa namanya) tp mmg benar teman saya jg ngalami. kl ngopi + ngobrol ringan kdg raganya ttp 1 tp pikirannya pakai kage bunshin mo jutsu bercabang cabang sesuai kebiasaanya.. ato mungkin budaya mereka sdh ngopi + udud + snack tp ngobrolnya bertopik berat shg imajinasinya kalah sama emosinya. kl saya plg suka kopi + udud + durian,,, asal duriannya gratis hehehe

Udin Salemo
wuih, Pak L1301, analisanya sudah seperti kriminolog. bukan kaleng-kaleng....

Mirza Mirwan
Vonis Hakim Qudratullah dari Pengadilan Islamabad terhadap Imran Khan dan istrinya, Bushra Bibi, yang diputuskan Sabtu pekan lalu (3/2) mendapat protes dari para aktivis perempuan dan HAM. Imran Khan diganjar 7 tahun penjara dan denda 500rb rupee (sekitar 1,7 juta rupiah). Begitu juga dengan Bushra Bibi. Rabu kemarin para aktivis perempuan dan HAM ngumpul di depan National Press Club -- karena tak bisa protes di depan pengadilan. "Ini adalah penghakiman yang memalukan," kata Uzma Yaqoob. "Pengadilan tak punya hak untuk melakukan sesuatu dengan kehidupan personal perempuan, dengan menstruasinya, kapan mereka menstruasi, kapan tidak, berapa lama menstruasinya. Ini benar-benar memalukan!" "Ini tentang tubuh perempuan," kata Farzana Bari, "dan hanya ia sendiri yanh bisa memberitahu Anda apa yang yerjadi dengan dirinya. Kapan siklus menstruasi datang, kapan ia mrngandung. Inilah yang membuat kami bilang 'Mera Jism, Meri Marzi' -- Tubuhku (ya terserah apa) Keinginanku." Slogan "Mera Jism, Meri Marzi" memang berulang-ulang diteriakkan. Pun ditulis di poster. Yang menarik, bahkan seorang politisi PPP ikut dalam barisan protes itu. "Dalam politik, saya adalah lawan Imran Khan. Kenapa saya ikut gabung dalam aksi ini adalah untuk mengingatkan PM-PM mendatang agar tidak menyalahgunakan kekuasaan dengan mengkriminalisasi lawan politik." Para aktivis menyerukan agar pengadilan yang lebih tinggi membatalkan vonis Hakim Qudratullah itu.

Udin Salemo
#cerpen sore PETUGAS KPPS "Paman, aku terpilih jadi petugas kpps." "Hati-hati dalam bertugas. Jangan karena tugas itu nyawamu melayang." "Siap, paman. Eh, maksud paman apa?" "Kamu itu baru saja diwisuda jadi sarjana. Delapan bulan lalu. Masa gitu saja harus paman jelaskan secara detail?" "Iya, perlu paman jelaskan. Biar saya mantab menjalankan tugas." "Begini, Fan. Pemilu tahun 2019 ada 800-an orang petugas kpps yang meninggal dunia. 5000-an orang menderita sakit." "Saya tahu, paman." "Artinya tugas jadi petugas kpps itu berat. Untuk itu jaga kesehatanmu sebelum bertugas. Istirahat yang cukup. Makan makanan yang begizi." "Siap, paman." "Satu lagi pesan paman. Bawalah sendiri makan dan minum untuk kamu selama bertugas. Jangan makan dan minum dari sumber yang tak jelas. Berhati-hati lebih baik daripada menyesal setelah kejadian. Ingat petugas yang meninggal tahun kemaren. Jangan-jangan tersebab makanan yang ber****. Paham kan?" "Paham, paman." Lalu ponakan bercerita tentang kebun bawang merahnya. Bawang merah yang ditanam sebulan lalu menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Subur. Bonggol dan batangnya menunjukkan ciri-ciri bawang merah berbuah banyak dan besar. Paman sedikit heran. Tamatan sarjana temannya pada merantau keluar pulau untuk mengadu nasib cari peruntungan lebih baik. Sementara ponakan dengan mantab pulang kampung untuk jadi petani. Klik. Telepon WA segera dimatikan. Azan asyar sudah berkumandang. Saatnya untuk melapor pada Sang Khalik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 190

  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • iya nok
    iya nok
  • arifin hidayat
    arifin hidayat
  • Suhan Al-Fasuruanie
    Suhan Al-Fasuruanie
  • Ponsel Pro
    Ponsel Pro
  • iya nok
    iya nok
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Ponsel Pro
      Ponsel Pro
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Liam Then
      Liam Then
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Afa
    Afa
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • iya nok
      iya nok
    • Liam Then
      Liam Then
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Afa
      Afa
  • Liam Then
    Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • DeniK
    DeniK
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
  • Liam Then
    Liam Then
    • Afa
      Afa
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • iya nok
    iya nok
    • iya nok
      iya nok
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
    • iya nok
      iya nok
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
  • Roland Nug
    Roland Nug
  • Fauzan Samsuri
    Fauzan Samsuri
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
  • iya nok
    iya nok
  • Sumartan
    Sumartan
  • Sasmita
    Sasmita
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • yoming AFuadi
    yoming AFuadi
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Nimas Mumtazah
    Nimas Mumtazah
    • Liam Then
      Liam Then
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Amat K.
      Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
  • Liam Then
    Liam Then
    • iya nok
      iya nok
  • iya nok
    iya nok
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • iya nok
      iya nok
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
    • iya nok
      iya nok
  • iya nok
    iya nok
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Liam Then
      Liam Then
    • Afa
      Afa
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Amat K.
      Amat K.
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
  • Duwi eko Setiyo gomo
    Duwi eko Setiyo gomo
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • mamat
    mamat
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Pedro Patran
    Pedro Patran
  • Amat K.
    Amat K.
    • Duwi eko Setiyo gomo
      Duwi eko Setiyo gomo
    • Amat K.
      Amat K.
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • rid kc
    rid kc
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301