Bunda Mesti Tahu, Ini Cara Kenali Anak Jadi Korban Perundungan

Bunda Mesti Tahu, Ini Cara Kenali Anak Jadi Korban Perundungan

Bunda Mesti Tahu, Ini Cara Kenali Anak Jadi Korban Perundungan-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kasus perundungan yang terjadi di Binus School International, BSD, Tangerang, Banten tengah ramai diperbincangkan. Apalagi, salah satu pelakunya merupakan anak public figure, Vincent Rompies, Legoles Rompies.

Untuk itu, sebaiknya orang tua perlu mengetahui berbagai tanda-tanda korban bullying pada anak. Selain dapat memberikannya perlindungan, hal ini juga bertujuan untuk langkah pencegahan agar tindakan perundungan menjadi lebih buruk.

BACA JUGA:Binus School Serpong Janji Kooperatif Dukung Polisi Usut Tuntas Kasus Perundungan

Prof. Dr. Rose Mini Agoes Salim.,MPsi selaku psikolog anak mengatakan bahwa ada beberapa tanda yang terlihat pada anak ketika menjadi korban perundungan.

Tanda yang paling menonjol tersebut diantaranya ialah berubah pola tingkah laku dengan keseharian anak. Sebagai contoh, menarik diri dari lingkungan hingga tidak bersemangat.

BACA JUGA:Pernyataan Lengkap Binus School Serpong Buntut Kasus Perundungan, Klaim Kecam Tindakan Kekerasan

"Orang tua mencoba lebih memahami anak mengobservasi apakah ada perubahan perilaku dari anak misalnya menarik diri, tidak mau makan, tidak bergairah, tidak bersemangat, pada saat-saat tertentu itu terlihat sedih," ujarnya kepada wartawan Disway.id, Kamis 22 Februari 2024.


Prof. Dr. Rose Mini Agoes Salim.,MPsi selaku psikolog anak-Disway/Hasyim Ashari-

Oleh karena itu, Prof. Dr. Rose Mini Agoes Salim.,MPsi menyarankan kepada orangtua untuk memantau dan mengobservasi perilaku anak setiap harinya. Hal ini guna mengetahui apa yang terjadi dengan kondisi mental pada anak.

BACA JUGA:Polisi Harus Utamakan Sistem Peradilan Pidana Anak dalam Kasus Perundungan Binus Serpong 

"Nah pada saat itu bisa dilakukan pendekatan lebih lanjut terhadap anak nanti setelah itu anak akan menunjukkan sikap dan berterus terang dengan kondisi yang dialaminya," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: