5 Fakta Tentang Keagamaan di Arab Saudi, Menganut Paham Ultra-Konservatif Wahabi?

5 Fakta Tentang Keagamaan di Arab Saudi, Menganut Paham Ultra-Konservatif Wahabi?

Fakta Tentang Keagamaan di Arab Saudi-master1305-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Simak artikel ini untuk mengetahui 5 fakta tentang agama yang ada di Arab Saudi.

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman telah mengambil langkah-langkah dramatis untuk mengubah politik dan ekonomi negaranya.

Langkah tersebut diambil sejak ayahnya menjadi raja Arab Saudi pada tahun 2015.

Pewaris takhta berusia 38 tahun itu juga memulai reformasi dalam aturan agama di kerajaan tersebut dengan janji untuk mendukung "Islam moderat."

BACA JUGA:Kemenag Lagi Cari Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi 2024, Mahasiswa Merapat!

Beberapa perubahan yang dilakukannya antara lain memberi hak kepada perempuan untuk mengemudi, merestorasi bioskop, dan membatasi kekuasaan polisi agama.

Dilansir dari laman pewresearch, berikut adalah lima fakta tentang agama di Arab Saudi, negara yang memiliki tempat penting bagi umat Islam di seluruh dunia.


Kubah hijau di kompleks Masjid Nabawi terlihat dari jauh. Di bawahnya adalah makam Rasulullah. -lifeinsaudiarabia-

1.) Arab Saudi memiliki sebagian besar populasi Muslim muda dan berkembang.

Dengan lebih dari 30 juta penduduk, sekitar 93% di antaranya adalah Muslim. Negara ini resmi sebagai negara Muslim, dengan mayoritas Muslim Saudi adalah Sunni.

BACA JUGA:Hasil Piala Asia 2023: Korea Selatan Melaju ke Perempat Final Kalahkan Arab Saudi 4-2 Lewat Adu Penalti, Jurgen Klinsmann Singgung Timnas Indonesia

Namun, ada juga minoritas Syiah yang diperkirakan mencapai 10-15% dari populasi. Arab Saudi juga merupakan negara yang memiliki populasi muda, dimana sekitar 56% Muslim di negara tersebut berusia di bawah 30 tahun pada tahun 2015.

Diprediksi jumlah Muslim di Arab Saudi akan meningkat sebanyak 51% antara tahun 2015 sampai dengan 2050, meskipun angka ini merupakan bagian dari populasi Muslim global yang diprediksi akan tetap sekitar 2%.

2.) Arab Saudi adalah rumah bagi dua kota suci Islam terpenting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: