KPK Bakal Proses Laporan IPW Soal Ganjar yang Diduga Terima Gratifikasi Bersama Eks Dirut Bank Jateng

KPK Bakal Proses Laporan IPW Soal Ganjar yang Diduga Terima Gratifikasi Bersama Eks Dirut Bank Jateng

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima laporan dugaan gratifikasi atau suap di lingkungan Bank Pembangunan Daerah atau Bank Jateng. 

Dalam laporan dugaan Gratifikasi itu, terlapor adalah mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Dirut Bank Jateng berinisial S.

BACA JUGA:Ganjar Dilaporkan Diduga Terima Gratifikasi, Ahmad Sahroni: KPK Wajib Proses dan Transparan

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Ikut Dilaporkan IPW ke KPK Atas Kasus Dugaan Korupsi Bank Jateng

Sebagai tindak lanjut, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri pihaknya akan mendalami laporan tersebut. Verifikasi itu akan segera dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut laporan masyarakat.

"Kami segera tindak lanjuti dengan melakukan verifikasi telaah. Tentu koordinasi lanjutan dengan pelapor juga akan dilakukan (tindak lanjut)," kata Ali kepada wartawan, Selasa 5 Maret 2024. 

Ali membeberkan bahwa lembaga antirasuah itu akan mengambil langkah pertama yang dilakukan oleh KPK adalah verifikasi dan telaah. Proses aduan itu akan dilakukan Deputi Informasi dan Data KPK. 

"Tentu pengaduan itu akan diterima di bagian pengaduan masyarakat, Deputi Informasi dan Data, sehingga nanti dipastikan apakah syarat-syarat dari laporan masyarakat itu terpenuhi seperti mana ketentuan atau tidak," kata dia.

BACA JUGA:Deddy Sitorus TPN Ganjar-Mahfud Ingatkan Hak Angket Bukan Drama Menakutkan

BACA JUGA:IPW Resmi Laporkan Kasus Dugaan Korupsi Bank Jateng ke KPK

Setelah proses itu dilakukan, KPK akan melakukan pengumpulan data dan informasi lanjutan. Termasuk akan memanggil pihak pelapor dalam hal ini Indonesia Police Watch (IPW).

"Ini juga dilakukan sebagaimana laporan masyarakat lainnya yang masuk ke KPK. Pasti juga dilakukan hal yang sama. Nanti perkembangannya pasti kami akan sampaikan lebih lanjut," kata Ali.

Sebelumnya Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso melaporkan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Mantan Dirut Bank Jateng ke KPK, Selasa 5 Maret 2024 kemarin.

BACA JUGA:Terjerat kasus di PT. Amarta Karya, KPK Jebloskan Trisna sutisna Ke Lapas Sukamiskin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: