Kunjungi Satpas Polres Subang, Kepolisian Korsel Kagum Lihat Proses Pembuatan SIM di Indonesia

Kunjungi Satpas Polres Subang, Kepolisian Korsel Kagum Lihat Proses Pembuatan SIM di Indonesia

Kepolisian Korea Selatan berkunjung ke Satpas Protoripe Polres Subang, Jawa Barat untuk menyaksikan langsung proses pembuatan SIM yang berbasis teknologi didampingi Korlantas Polri-Dok. Korlantas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepolisian Korea Selatan menyaksikan langsuang proses pembuatan SIM di Satpas Prototype yang berlokasi di Polres Subang, Jawa Barat, Senin 4 Maret 2024 kemarin.

Polisi Korsel itu kagum melihat proses pembuatan SIM berbasis IT yang memudahkan pelayanan penerbitan SIM berbasis teknologi.

BACA JUGA:Siap-siap! Korlantas Polri Bakal Gelar Operasi Keselamatan 2024, Ini 11 Pelanggaran yang Menjadi Target

BACA JUGA:Kakorlantas Polri Cek Kesiapan Polda Jateng untuk Pengamanan Operasi Ketupat 2024

Kepolisian Nasional Korea Selatan melakukan kunjungan ke Korlantas Polri. Disela-sela kunjungan itu, kepolisian Korea Selatan juga diajak melihat langsung Satpas Prototipe pelayanan SIM di Subang, Jawa Barat.

Satpas Prototype merupakan Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) guna mempermudah masyarakat dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan pelayanan berbasis IT. Operasional Satpas itu dilakukan sepenuhnya oleh Satuan Lalu Lintas Polres Subang untuk penerbitan SIM.

Biro Keselamatan dan Lalu Lintas Polisi Korea Kim Hak Gwan yang melihat langsung proses pembuatan SIM di Indonesia mengaku kagum.

Menurut Kim yang didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus dan Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu, juga diajak berkeliling menengok ruangan-ruangan dalam proses pembuatan SIM berbasis IT itu. Kim turut menyaksikan bagaimana proses pembuatan sim itu dilakukan, mulai dari pendaftaran, pengerjaan psikotes, hingga foto diri dilakukan secara mandiri.

"Hari ini Kami Polres Subang kedatangan sejumlah personel kepolisian dari Korea Selatan, tentunya kami di Polres Subang sangat bangga dipilih menjadi kegiatan studi banding kepolisian Korea Selatan dalam hal prosedur pembuatan dan pelayanan SIM dan ini akan jadi penyemangat bagi personil kepolisian Polres Subang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Ariek Indra dikutip laman Korlantas Polri, Rabu 6 Maret 2024.

BACA JUGA:Puncak Arus Balik Nataru Terjadi 1-2 Januari 2024, Ini Imbauan Kakorlantas

BACA JUGA:Syarat Terkini Perpanjang SIM Motor-Mobil di SIM Keliling Jakarta-Bogor, Cek Jadwal dan Lokasi!

Kepolisian Korea Selatan disebut kagum dengan proses pembuatan SIM berbasis IT di Indonesia, baik dari sisi fasilitas maupun pelayanan.

"Tujuan kunjungan kali ini kami ingin menjelaskan tentang seluruh proses penerbitkan SIM di Korea, lalu kita bisa berbagi pengalaman dalam prosedur tersebut dan kita bisa mengerucut untuk membuat kebijakan tersebut," kata Kim.

Sebelum melihat pembuatan SIM di Satpas Prototype, kepolisian Korea itu juga dikenalkan dengan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), TAA (Traffic Accident Analysis) yang digunakan sebagai pencarian penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, serta Pelayanan digitalisasi Korlantas Polri SIGNAL (Samsat Digital Nasional) dan SINAR (SIM Nasional Presisi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: