Hari Kedua Pencarian Pesawat Smart Air Membuahkan Hasil, Lokasi Titik Jatuh Ditemukan Tim SAR

Hari Kedua Pencarian Pesawat Smart Air Membuahkan Hasil, Lokasi Titik Jatuh Ditemukan Tim SAR

Lokasi yang diduga menjadi titik jatuhnya Pesawat Kargo Smart Air yang hilang kontak ditemukan dalam pencarian hari kedua oleh Tim SAR gabungan di Binuang, Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu 9 Desember 2024-Dok. Basarnas -

TARAKAN, DISWAY.ID - Pencarian Pesawat SMART Air yang hilang kontak memasuki hari kedua membuahkan hasil.

Tim gabungan dari unsur SAR, TNI, dan Polri serta jajaran stakeholder berhasil menemukan titik yang diduga menjadi lokasi jatuhnya pesawat Smart Air.  

BACA JUGA:Kronologi Pesawat Smart Aviation PK SNE Hilang Kontak di Binuang, 'Warga Sempat Dengar Dentuman Keras'

BACA JUGA:Pesawat Kargo Smart Air Tujuan Binuang Hilang Kontak Usai Lepas Landas dari Tarakan

Pada Sabtu 9 Maret 2024, pukul 17.20 WITA, tim gabungan menerima informasi dari Tim SAR gabungan di lapangan bahwa tim sudah menemukan titik pesawat yg hilang kontak.

Namun dikarenakan cuaca yang kurang baik tim belum dapat melakukan evakuasi. Direncanakan evakuasi dilakukan esok hari (hari ini).

Diberitakan sebelumnya hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Juwata Tarakan menuju Bandara Binuang Kota Tarakan, pada Jumat (8/3).

BACA JUGA:Basarnas Tarakan Lakukan Pemetaan Titik Lokasi Pesawat Pilatus Jatuh, Miliki Kemampuan STOL

BACA JUGA:Didampingi Menhan Prabowo, Jokowi Tinjau Langsung Pesawat Tempur TNI AU di Lanud Iswahjudi Madiun

"Pukul 08.00 Wita, tim SAR gabungan kembali melakukan briefing dan persiapan untuk bergerak menuju last know position (LKP) dengan rencana operasi yang telah dibuat hari ini. Adapun area pencarian dengan alat 1 unit Heli Bell-412 EPI REG HA-5224 dengan ketinggian 5500 FT," kata Kepala Kantor Basarnas Tarakan, Syahril kepada wartawan. 

Berdasarkan rencana operasi, akan ada penambahan alut dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanudin yaitu 1 unit Boeing 737 200 REG AI-7302 dan Heli Caracal H-225 M REG H-2209. Area pencarian dari Boeing 737 200 REG AI-7302.

Pencarian di hari kedua ini dilakukan via udara dan darat. Sebagaimana video yang diterima Disway.id, lokasi jatuhnya pesawat berupa hutan belantara yang rapat sehingga diperlukan pembukaan jalur oleh tim rescue darat.

BACA JUGA:Kronologis Penangkapan TPNPB OPM Tersangka Penembak Pesawat Wings Air, 2 Tertangkap dan 1 Tewas

BACA JUGA:Maskapai Berlomba Tebar Tiket Promo Pesawat, Ini Kata Kemenhub

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: