Nama Masjid At-Tin Terinspirasi Salah Satu Surah Ke-95 dalam Al-Quran, Menggambarkan Sifat dan Fungsi Utamanya

Nama Masjid At-Tin Terinspirasi Salah Satu Surah Ke-95 dalam Al-Quran, Menggambarkan Sifat dan Fungsi Utamanya

Nama Masjid At-Tin Terinspirasi Salah Satu Surah Ke-95 dalam Al-Quran, Menggambarkan Sifat dan Fungsi Utamanya-disway.id-

Hal inilah yang menjadikan makhluk ini berpotensi mencapai tingkat ahsan taqwim, wujud jasmani dan rohani yang terbaik.

Masjid At-Tin ini memiliki luas bangunan sekitar 10.000meter persegi dengan luas keseluruhan 70.000meter persegi,” jelas Amirul Mustofa.

“ Masjid yang didesain oleh arsitek bernama Ir. Ahmad Noe'man ini mampu menampung jamaah sebanyak 25.850 orang,” tambahnya.

BACA JUGA:3 Spot Paling Instagramable saat Berkunjung ke Vietnam, Wajib Bikin Konten Seru!

BACA JUGA:Guys, Liburan ke Negeri Gajah Putih Gak Bisa Lagi Cuma Modal Paspor, KBRI Imbau WNI Siapkan Dana Segini Saat Vacation ke Thailand!

Pembangunan Masjid At-Tin dimulai pada bulan April 1997 dan pertama dibuka secara resmi untuk umum pada tanggal 26 November 1999. 

Sejak awal berdirinya, Masjid At-Tin telah diakui sebagai tempat mendiang Ibu Negara Republik Indonesia, Ibu Tien Suharto.

Pasalnya, nama masjid tersebut mirip dengan nama populernya, dan Masjid At-Tin tetap tidak ada kaitannya dengan nama ibu Tien Soeharto. 

Meski demikian, pembangunan Masjid At-Tin tetap erat kaitannya dengan pengabdian dan perannya mendampingi presiden kedua Indonesia, pak Soeharto.

“ Masjid At-Tin diberi nama tidak hanya berdasarkan Al-Qur'an aja, tapi juga untuk mengenang jasa istri mantan Presiden Soeharto, nama lengkapnya adalah Hj. Fatima Siti Hatina Soeharto. Sejak awal pendirian Masjid At-Tin ini, dilakukan terhadap dukungan Yayasan Ibu Tien Suharto,” jelas Amirul.

BACA JUGA:Kreatif! Kemenparekraf Kampanyekan Wonderful Indonesia Lewat Desain Seni dan Budaya di Kemasan Snack Lokal

BACA JUGA:Cukup Tunjukkan Jari Bertinta, Ancol Beri Promo Khusus di Pemilu 2024

Tampilan arsitektur Masjid At-Tin megah dan modern. Struktur utama bangunan Masjid At-Tin meniru masjid Turki, Masjid Usmaniah.

Terdapat kubah tunggal berukuran besar di atap Masjid At-Tin, membuat Masjid At-Tin terlihat megah seperti arsitektur masjid di Eropa.

Meskipun Masjid At-Tin dibangun mirip dengan masjid-masjid Eropa, namun arsitektur Masjid At-Tin juga tidak mempertahankan ciri khas nusantara, yang ditandai dengan masjid yang menghadirkan bentuk limas atau joglo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: