Caleg Petahana Masih Ungguli Perolehan Suara Terbanyak di Dapil DKI Jakarta I, Ada Mardani Ali Sera hingga Putra Nababan

Caleg Petahana Masih Ungguli Perolehan Suara Terbanyak di Dapil DKI Jakarta I, Ada Mardani Ali Sera hingga Putra Nababan

KPU Provinsi DKI Jakarta menuntaskan hasil Plano penghitungan hasil suara Pemilu 2024 di Jakarta pada 9 Maret 2024 -Dok. KPU Provinsi DKI Jakarta-

JAKARTA, DISWAY.ID - Proses Rekapitulasi Plano C1 tingkat Provinsi telah tuntas di Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta. 

Sejumlah petahana anggota Dewan Perwakilan Rakyat masih menjadi superior sepuluh besar Caleg DPR RI di daerah pemilihan DKI Jakarta I. 

BACA JUGA:Pasangan Prabowo-Gibran Unggul di Enam Provinsi di Hari ke-2 Rekapitulasi Nasional

BACA JUGA:KPU Pleno Rekapitulasi Tingkat Nasional, DIY Yogyakarta Jadi Provinsi Pertama

Dilihat Disway.id dari situs infopemilu.kpu.go.i, ada tujuh petahana anggota DPR 2019-2024 yang kembali maju di Pemilu 2024 dan memimpin klasemen perolehan suara. 

Meski begitu, ketujuh petahana tersebut belum tentu lolos ke parlemen karena jumlah kursi yang diperoleh tiap-tiap partai politik belum dihitung secara nasipnal.

Ketujuh petahana yang masuk dalam sepuluh besar calon anggota legislatif (caleg) suara terbanyak di Dapil DKI Jakarta I itu adalah Mardani Ali Sera dan Anis Byarwati dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Putra Nababan dan Sondang Tampubolon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Habiburokhman dari Partai Gerindra, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan Ahmad Ali dari Partai Nasdem.

Rekapitulasi di tingkat provinsi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah tuntas dilaksanakan Sabtu 9 Maret 2024, Mardani Ali Sera meraih suara tertinggi dengan 176.584 suara. 

Disusul politisi yang merupakan mantan news anchor Putra Nababan dengan 105.559 suara, Habiburokhman (96.914 suara), dan Eko Hendro Purnomo (93.673 suara) di posisi kedua, ketiga, dan keempat. 

BACA JUGA:Tanggapi Wacana Hak Angket, PPP Masih Fokus Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

BACA JUGA:Jelang Penutupan Rekapitulasi Pemilihan Luar Negeri, Prabowo-Gibran Masih Unggul Telak di Sejumlah Negara

Adapun Sondang Tampubolon dari PDI Perjuangan meraih suara terbanyak keenam dengan 68.370 suara. Kemudian Anis Byarwati berada di posisi ketujuh dengan 64.304 suara dan Ahmad Ali di posisi kesembilan dengan 56.364 suara.

Sementara caleg dengan raihan suara terbanyak kelima di Dapil DKI Jakarta I ditempati Hasbiallah Ilyas dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 80.895 suara. 

Hasbiallah merupakan anggota DPRD DKI Jakarta yang pada pemilu 2024 mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: