Jokowi Perintahkan Penyediaan Lahan untuk Investasi di IKN Dikebut

Jokowi Perintahkan Penyediaan Lahan untuk Investasi di IKN Dikebut

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada Kementerian/Lembaga terkait untuk segera memperjelas status lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN) baik untuk proyek pemerintah maupun investasi swasta.-tangkapan layar video@robiemr-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada Kementerian/Lembaga terkait untuk segera memperjelas status lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN) baik untuk proyek pemerintah maupun investasi swasta.

"Tentang lahan dan investasi, beliau menyampaikan bahwa agar segera diperjelas, dipercepat untuk status-status lahan khususnya," terang ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024.

"Sebenarnya ada dua lahan, pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur yang prasarana umumnya seperti yang dikerjakan oleh APBN dan pembebasan penyediaan lahan untuk investasi. Tadi dibahas fokus di lahan investasi," papar Basuki.

BACA JUGA:Pimpinan PTNPB OPM Dukung Ultimatum Egianus Kagoya, Nasib Pilot Susi Air Tinggal 2 Bulan

BACA JUGA:Ide Cuti Ayah Saat Istri Melahirkan dari Anies Baswedan Akan Diterapkan Menpan RB: Targetkan Selesai April 2024

“Jangan sampai malah Otorita ini terbawa sistem langgam birokrasi yang berbelit-belit dan lambat,” sambung Basuki.

Basuki mengatakan Jokowi menerima banyak keluhan dari investor terkait kesiapan lahan untuk berinvestasi di IKN.

Karena itu, Jokowi memberikan dua arahan langsung kepada Kementerian PUPR dan Badan Otorita IKN.

BACA JUGA:Ahli IT ITB Angkat Bicara Tentang Sirekap: KPU Hilangkan Filter yang Membuat Data Kacau

BACA JUGA:Polri Pastikan Gembong Narkoba Fredy Pratama Masih Berada di Dalam Hutan Thailand

"Tadi dibahas fokus di lahan investasi. Makanya tadi yang bicara cuma Pak Bambang dan Pak Agung sebagai Deputi investasi," ungkapnya.

Basuki menegaskan komitmen pemerintah untuk menjadikan IKN sebagai model transformasi bekerja dan mempercepat penyediaan lahan untuk investasi. 

Pembangunan IKN ditargetkan tidak hanya sekadar memindahkan ibu kota, melainkan juga sebagai contoh transformasi bekerja yang efisien dan cepat serta contoh bagi pemerintah daerah lainnya.

“Beliau menyampaikan bahwa pembangunan di IKN ini akan menjadi contoh, sekali lagi, bukan hanya memindahkan ibu kota tetapi contoh transformasi bekerja yang lebih cepat. Jadi kami, terutama dari Otorita, diminta untuk bekerjanya memang bisa menjadi contoh bagi pemda-pemda se-Indonesia nantinya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: