Intip Keunggulan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation, Operasi Mulai 25 Maret 2024

Intip Keunggulan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation, Operasi Mulai 25 Maret 2024

Bagian gerbong dari keunggulan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation.-Sabrina Hutajulu/Carep-

JAKARTA, DISWAY.ID-- PT Kereta Api Indonesia (Persero) segera mengoperasikan KA Majapahit relasi Pasarsenen – Malang PP dengan menggunakan jenis Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation.

Kereta api jenis New Generation ini beroperasi terhitung mulai Senin 25 Maret 2024 untuk relasi Malang – Pasarsenen dan mulai Selasa 26 Maret 2024 untuk relasi Pasarsenen – Malang. 

Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 s.d 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

BACA JUGA:Gercep! Tiket KA Lebaran Sudah Ludes 1,6 Juta Kursi, Berikut Jadwal 48 Kereta Tambahan

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience. Sehingga tetap relevan dengan perkembangan zaman,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangannya kepada Disway.

KAI secara konsisten terus beradaptasi memenuhi harapan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi. Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, secara bertahap diganti menjadi kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 berhadapan atau tidak berhadapan. 

Kini KAI melakukan inovasi terbaru dengan menghadirkan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation, dimana jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas. 

Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar, serta bisa diatur kemiringannya (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

BACA JUGA:Warning! Ketahuan Merokok di Kereta saat Mudik, Ini Sanksi KAI

“Keunggulan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap,” kata Joni. 

Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. 

PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.

Untuk kebutuhan mengecas gadget pelanggan, KAI menambah USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta. 

Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan gawainya tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: