Mantap, Pelindo Siapkan Sarana dan Prasarana Terminal Penumpang hingga Puluhan Kapal Roro untuk Mudik Lebaran

Mantap, Pelindo Siapkan Sarana dan Prasarana Terminal Penumpang hingga Puluhan Kapal Roro untuk Mudik Lebaran

Pelabuhan Kijang di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau siap melayani pemudik Idul Fitri 1445 Hijriah -Dok. Pelindo-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo memastikan kesiapan sarana dan prasarana terminal penumpang dan roro jelang arus mudik Lebaran 2024. 

Tercatat ada 63 terminal penumpang dan roro yang tersebar di seluruh Indonesia yang terdiri dari sejumlah regional.

BACA JUGA:Perkuat Supply Chain, SPSL Pelindo Terus Bangun Kemitraan untuk Tingkatkan Layanan Logistik

BACA JUGA:Komitmen Pelindo dan 11 BUMN Berkolaborasi Dukung Peningkatan Kesejahteraan Warga di Raja Ampat

Diantaranya Regional 1 tersedia 11 terminal, Regional 2 tersedia 9 terminal, Regional 3 tersedia 21 terminal, dan Regional 4 tersedia 22 terminal.

“Pada tahun 2023, Pelindo telah melayani sebanyak 1,9 juta penumpang yang menggunakan moda angkutan laut untuk mudik Lebaran. Pergerakan orang pada mudik Lebaran 2024 diprediksi naik hingga 2,09 juta penumpang mengacu dari realisasi tahun lalu, " kata Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki dalam siaran pers, Kamis 21 Maret 2024. 

Untuk itu, menghadapi mudik Idul Fitri 1445 Hijriah, Pelindo juga memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik. Pelindo juga menggandeng pihak TNI-Polri untuk memastikan keamanan di seluruh pelabuhan. 

"Menghadapi hal tersebut, manajemen melakukan penyiapan fasilitas, penambahan petugas operasional internal dan pengamanan dari TNI-Polri, peningkatan pemeriksaan barang bawaan penumpang dan sosialisasi semua tarif pelayanan di terminal penumpang kepada publik, yang ditargetkan dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib dan selamat,” kata Ardhy.

BACA JUGA:Erick Thohir Rombak Susunan Komisaris dan Direksi Pada Empat Subholding Pelindo, Ini Daftarnya

BACA JUGA:Komitmen Berdayakan Masyarakat, Subholding Pelindo Jaga Keberlanjutan Lingkungan Lewat Program Teman Nelayan

Pelindo juga bersinergi dengan stakeholder kepelabuhanan dalam hal Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2024. Pelindo bersama-sama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) dan Instansi Pemerintahan di sekitar pelabuhan lainnya. 

Semua pihak terkait melakukan pemantauan dan pengendalian arus penumpang, termasuk dalam pemeriksaan persyaratan perjalanan penumpang dan pemberian sarana informasi kepada penumpang.

Selain itu, Pelindo juga merenovasi beberapa terminal penumpang seperti Terminal Kijang Tanjungpinang, Palembang, Biak, Bitung, dan Makassar sehingga dapat melayani penumpang dengan lebih baik ditunjang dengan fasilitas yang lebih banyak.

“Fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang, musala, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, dan personil keamanan disiapkan untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat dan lancar,” ujar General Manager Tanjungpinang, Darwis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: