Wanita Bisa Menua Lebih Sehat Jika Sering Konsumsi Protein Nabati

Wanita Bisa Menua Lebih Sehat Jika Sering Konsumsi Protein Nabati

Wanita Bisa Menua Lebih Sehat Jika Sering Konsumsi Protein-shurkin_son-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa protein nabati merupakan faktor penting untuk penuaan yang sehat pada wanita.

Para peneliti menemukan bahwa setiap 3 persen kalori harian yang berasal dari protein nabati menghasilkan manfaat kesehatan yang signifikan.

Sumber protein lain, seperti daging dan susu, tidak memberikan manfaat kesehatan yang sama.

Protein nabati, dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya seperti susu dan daging, penting untuk penuaan yang sehat pada wanita.

BACA JUGA:Makanan Bernutrisi Jadikan Anak Cerdas di Sekolah, Protein Hewani Paling Penting

Mereka yang mengonsumsi lebih banyak protein nabati cenderung terbebas dari penyakit kronis, gangguan fisik dan mental, serta memiliki kesehatan mental yang lebih baik seiring bertambahnya usia.

Hal tersebut terungkap menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition.

Dr. Andres V. Ardisson Korat, DSc, peneliti di Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging, dan penulis penelitian tersebut, mengatakan penelitian ini memberikan banyak bukti akan pentingnya protein bagi kesehatan orang lanjut usia.

"Terutama asupan protein yang terjadi pada masa dewasa pertengahan, yaitu saat kita mempersiapkan diri untuk menghadapi risiko penyakit kronis di kemudian hari. fungsi fisik dan kognitif,” kata dr Andres, dikutip dari laman Heathline pada Sabtu, 23 Maret 2024.

BACA JUGA:Sudah Pernah Makan Telur Angsa? Coba Konsumsi, Ada Protein yang Penting Banget!

"Kami menemukan bahwa asupan protein makanan dan khususnya protein nabati dikaitkan dengan hasil kesehatan yang lebih baik dan penuaan yang sehat,” sambungnya.

Para peneliti menemukan bahwa setiap 3% total kalori makanan yang berasal dari protein nabati dikaitkan dengan peningkatan 38% kemungkinan penuaan sehat pada wanita.

“Temuan ini konsisten dengan data sebelumnya yang menunjukkan hubungan antara asupan protein moderat dan penuaan yang sehat,” Kristin Kirkpatrick, MS RD, Cleveland Clinic, dan salah satu penulis Regenerative Health, mengatakan kepada Healthline. Dia tidak berafiliasi dengan penelitian ini.

Dampak pola makan terhadap penuaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: