5 Fakta Masalah Kulit Kering saat Puasa, Dokter Beri Solusi Perawatan Tepat

5 Fakta Masalah Kulit Kering saat Puasa, Dokter Beri Solusi Perawatan Tepat

Tips Mengatasi Kulit Kering saat Puasa-Berbagai langkah dari mulai gaya hidup hingga perawatan dan skincare bisa diaplikasikan sesuai saran dokter-MS Glow

JAKARTA, DISWAY.ID – Saat puasa Ramadhan, setiap orang harus tercukupi nutrisi dan hidrasi sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Pasalnya, saat berpuasa, umumnya kulit terasa lebih kering. Mengapa demikian?

Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air dan setiap sistem bergantung pada air, termasuk kulit.

Ketika asupan cairan berkurang, tubuh menyerap kelembapan di kulit untuk memenuhi cairan tubuh sehingga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering saat puasa.

MS GLOW Aesthetic Clinic, salah satu unit Disnis unggulan J99 Corp di industri kecantikan mengajak masyarakat untuk mengetahui lebih dalam terkait tips dan cara menjaga kulit tetap sehat dan glowing selama menjalankan ibadah puasa dan menyambut datangnya.

BACA JUGA:Buktikan Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Kecantikan Kulit dan Rambut


Tips Mengatasi Kulit Kering saat Puasa-Berbagai langkah dari mulai gaya hidup hingga perawatan dan skincare bisa diaplikasikan sesuai saran dokter-MS Glow

Dokter Aesthetic MS GLOW dr. Prima Bachrul Alam mengatakan ada sejumlah penyebab mengapa saat bulan puasa kulit menjadi lebih kering.

“Saat puasa, kulit memang sering cenderung kering. Tubuh kita kan 60 persen cairan, dan di tubuh kita ada sistem yang membuat jantung berdetak, untuk pencucian ginjal, semua butuh cairan. Saat puasa, otomatis asupan cairan sedikit, saat kurang cairan, sistem itu menyerap ke kelembaban kulit, jadi berasa kering. Makanya orang yang kulitnya udah kering, jadi makin kering,” ucapnya kepada wartawan.

Fakta Kulit Kering saat Puasa

1. Dampak Kulit Kering

Biasanya karena kulit kering,  jadi gampang iritasi, kerutan, kulit kusam karena kulitnya tak terhidrasi dengan baik.

Jerawat biasanya ke tipe kulit berminyak.

Cuma bisa aja muncul karena iritasi.

Kulit kering bisa luka dan iritasi, tandanya merah, gatal, kusam, dan menimbulkan jerawat.

“Kulit kering biasa di pipi dan mulut. Apalagi kalau kurangnya asupan cairan,” ucapnya.

BACA JUGA:MamyPoko Pants Skin Comfort Hadir dengan All in 1 Skin Care, Bikin Nyaman Kulit Bayi


Tips Mengatasi Kulit Kering saat Puasa-Berbagai langkah dari mulai gaya hidup hingga perawatan dan skincare bisa diaplikasikan sesuai saran dokter-MS glow

2. Ciri-Ciri Kulit Kering

Kulit kerasa ketarik

Kurang kelembaban, biasanya gampang kelihatan kerutan karena kering

Adapun ciri-ciri kulit yang mengalami dehidrasi antara lain kulit terasa kering dan gatal. Menurunnya kelembapan kulit akibat dehidrasi bisa menyebabkan kulit.

Kulit menjadi kering dan gatal. Kondisi ini bisa membuat bakteri lebih mudah masuk ke dalam kulit.

Kulit tampak kusam.

Kurangnya asupan cairan tubuh bisa membuat kulit tampak kusam.

Tak hanya itu, kulit dehidrasi akibat kurang minum air juga dapat 

Tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan. Kulit menjadi kurang elastis.

Elastisitas kulit bisa menurun jika lapisan terluar kulit tidak cukup mengandung air.

Kondisi ini bisa membuat kulit terasa kasar.

Pori-pori lebih kelihatan

Salah satu penyebab penuaan dini karena kulitnya kering.

"Dalam momentum bulan suci, penting untuk mengetahui tips dan cara yang bisa dilakukan untuk menjaga. Kesehatan kulit, sebab sesuai dengan ajaran Islam bahwa Allah menyukai sesuatu yang memiliki nilai keindahan,” tutur dr. Prima.

Pada saat puasa, tubuh bisa kekurangan cairan yang menyebabkan kurang terhidrasinya kulit yang menyebabkan kulit terasa kering dan akan melemahkan skin barrier pada kulit sehingga kulit menjadi sensitif dan mudah memerah.

“Dengan perawatan yang tepat, masyarakat akan mendapatkan kulit sehat dan glowing saat berpuasa serta di hari raya," ungkap dr. Prima.

Dr. Prima menjelaskan bahwa cara yang paling efektif untuk menghindari kulit dari dehidrasi adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan dengan setidaknya minum air putih 8 gelas per hari (saat buka puasa dan sahur).

Selain minum air, berikut adalah beberapa cara lain untuk mencegah dan mengatasi kulit dehidrasi:

Mengurangi konsumsi minuman beralkohol atau minuman berkafein, seperti kopi dan teh.

Menghindari mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan kelembapan kulit.

Menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.

BACA JUGA:4 Cara Mudah Tampil Glowing saat Puasa, Bye Bye Kulit Kusam!

3. Skincare Mengatasi Kulit Kering

Agar mendapatkan hasil maksimal dari skincare, kita perlu memperhatikan ada 4 urutan dalam mengaplikasikan skincare secara tepat.

Urutan basic dimulai dari double cleansing yaitu menggunakan facial wash dan toner, kemudian pelembab dan saat aktivitas menggunakan sunblock.

Saat kita sudah terbiasa menggunakan skincare tersebut bisa ditambahkan dengan serum dan krim malam.

Menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan kulit, terutama jika sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC atau di tempat yang memiliki kelembapan rendah, jika memungkinkan.

BACA JUGA:Denny Sumargo Ubah Warna Kulit 3 Hari Sekali dan Struktur Wajah, Kenapa?

4. Solusi Kulit Kering saat Puasa

Pertama, rutin pakai basic skincare, terutama yang mengandung pelembab.

“Wajib, karena dia menjaga agar cairan itu tetap ada di kulit,” jelasnya.

Kedua, tentunya tercukupi hidrasi dari air minum dan buah serta sayuran.

Mengonsumsi lebih banyak makanan sehat untuk kulit, mulai dari ikan berlemak, alpukat, buah kiwi, wortel, bayam, hingga biji rami.

Kulit dehidrasi juga bisa terjadi karena kulit mengalami aging atau penuaan yang tidak bisa kita hentikan namun bisa kita hambat.

Tanda-tanda kulit mengalami aging atau penuaan salah satunya dengan kelembaban kulit menjadi berkurang sehingga kulit akan terasa kering.

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Moisturizer dalam Bentuk Gel untuk Berbagai Tipe Kulit

5. Perawatan Kulit Kering

Harus rajin melakukan treatment kulit wajah, proses aging atau penuaan bisa kita hambat dengan baik.

MS GLOW Aesthetic Clinic memiliki berbagai treatment yang bisa dijadikan andalan untuk mengatasi kondisi kulit yang kurang terhidrasi, antara lain dengan Silk Peel, Caviar, Oxygeneo, Meso Jet Peel, dan Skin Booster.

Pada kesempatan yang sama, Amelia Nasution selaku Direktur Komersial 99 Corp menekankan bahwa menjadi Canggung jawab MS GLOW Aesthetic Clinic bersama J99 Corp sebagai induk perusahaan untuk memberikan informasi yang tepat dan edukatif kepada seluruh masyarakat.

 "Pembahasan mengenai kesehatan dan Kecantikan masih menjadi topik favorit bagi masyarakat, khususnya di bulan puasa. Kondisi kesehatan kulit menjadi hal yang disoroti utamanya dikaitkan dengan gaya hidup di bulan Ramadan dan kecenderungan nasyarakat untuk tampil prima dan maksimal di saat Idul Fitri tiba," ujarnya.

Derasnya arus informasi kadang menyisipkan mal-hal yang hoax atau keliru mengenai perawatan kulit yang harus diwaspadai.

Pihaknya ingin memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat mengenai perawatan kulit yang benar dan aman.

Hal ini merupakan bentuk komitmen kami untuk terus memberikan pelayanan yang cerbaik dan berkualitas.

“Komitmen ini juga kami tunjukkan dengan terus mengupgrade skill dan ceknologi dalam beauty industry yang salah satunya melalui penggunaan alat-alat yang berasal dari US, UK, dan Korea dengan menerapkan teknologi mutakhir," tuturnya.

Amelia juga mengungkapkan bahwa sejalan dengan semangat MS GLOW Aesthetic Clinic bersama J99 Corp. untuk mengangkat tema Honesty atau Kejujuran dalam seluruh kegiatan selama bulan Ramadan, MS GLOW Aesthetic Clinic memiliki tagline #Aman Terpercaya untuk menunjukkan pelayanan yang jujur, baik dari segi marga, produk maupun treatment yang diberikan.

Harga jujur yang dimaksud adalah bahwa MS GLOW Aesthetic Clinic senantiasa memberitahu harga paket sedari awal yang merupakan harga all in.

Misalnya untuk facial Ereatment dengan harga 200 ribuan, maka hal itu sudah termasuk seluruh rangkaian perawatan tanpa tambahan biaya apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: