Fashion Sumbang Rp225 triliun, 300 Desainer Meriahkan Indonesia Fashion Week 2024

Fashion Sumbang Rp225 triliun, 300 Desainer Meriahkan Indonesia Fashion Week 2024

IFW 2024-Ratusan desainer unjuk koleksi fashion terbaik-Kemenparekraf

JAKARTA, DISWAY.ID – Indonesia Fashion Week 2024 yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center, mulai dari 27 – 31 Maret 2024 menampilkan 300 perancang busana.

Sektor fashion ternyata mampu menyumbang pendapatan negara hingga Rp225 triliun.

Sebanyak 18 slot pagelaran busana, 400 booth, exhibitor, talkshow, trunk-show, dan juga berbagai kuliner diinisiasi Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) mendapat dukungan dari berbagai pihak mulai dari Kemenparekraf/Baparekraf, Kementerian Perdagangan, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

BACA JUGA:Survei: 73% Gen-Z Ikut Ramaikan Boikot Produk Israel, Lebih Pilih Makanan dan Fashion Lokal

Tema yang diusung dalam Indonesia Fashion Week ke-11 ini adalah "Langgam Jakarta Teranyam". Budaya dan wastra pariwisata Provinsi DKI Jakarta diangkat dan dituangkan ke dalam karya fashion.

"Langgam Jakarta Teranyam" memberikan kaleidoskop budaya Betawi yang menangkap esensi persatuan dalam kebhinekaan melalui kacamata fashion yang digambarkan dengan perpaduan sejarah dan tradisi Melayu, Tiongkok, Arab, dan juga Eropa.

Presiden Indonesia Fashion Week, Poppy Dharsono, mengatakan sejak penyelenggaraan awalnya, Indonesia Fashion Week telah menjadi platform utama yang memamerkan karya terbaik dari industri mode Indonesia.

BACA JUGA:Bangga! Modest Wear Indonesia Melenggang di Moscow Fashion Week Usung Nilai Budaya

“Kami bangga mempersembahkan beragam karya yang menakjubkan dari para pemangku kepentingan di dunia mode. Mulai dari wastra warisan budaya, seperti batik ikat, lurik, songket, bordir, hingga bahan-bahan eksklusif seperti kulit, perhiasan emas dan perak, mutiara, tas, sepatu, produk kecantikkan, dan lainnya," kata Poppy.

Menurut Poppy, Indonesia Fashion Week bukan sekadar pameran tetapi juga perayaan kreativitas dari kerajinan hingga produk fashion.

Selain juga sebagai media promosi, branding, pengakuan, dan perluasan jaringan.

"Mari kita buat Indonesia Fashion Week menjadi mercusuar inspirasi, mendorong pertumbuhan, dan menyulut semangat kolaborasi dalam industri ini," ujar Poppy.

BACA JUGA:Indonesia Berhasil Pukau Australia Lewat Modest Fashion Week Melbourne 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siaran pers kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif