Pemilik Formula 1, Liberty Media Resmi Mengakuisisi MotoGP Senilai Rp72 Triliun

Pemilik Formula 1, Liberty Media Resmi Mengakuisisi MotoGP Senilai Rp72 Triliun

Pemilik Formula 1 Liberty Media Resmi mengakuisisi MotoGP-motogp/Instagram-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemilik Formula 1 (F1) yang berbasis di AS, Liberty Media, telah mengumumkan pengambilalihan perusahaan induk MotoGP, Dorna, kata MotoGP dalam sebuah pernyataan, Senin 1 April 2024.

Liberty Media, telah mengumumkan pengambilalihan perusahaan induk MotoGP, Dorna, dan memberi nilai kejuaraan balap motor terkemuka dunia itu sebesar 4,2 miliar euro atau sekitar sekitar Rp 72 triliun.

Dorna akan tetap menjadi perusahaan independen yang dikaitkan dengan grup Formula Satu Liberty Media, dan terus berbasis di Madrid, dengan CEO Dorna yang sudah lama menjabat.

BACA JUGA:Legenda MotoGP Max Biaggi Ikut Komentari Tabrakan Pecco Bagnaia vs Marc Marquez, 'itu 50:50!'

BACA JUGA:Bukan Pecco Bagnaia atau Jorge Martin, Jorge Lorenzo Justru Sebut Pedro Acosta yang Bakal Jadi Juara Dunia MotoGP 2024

Sementara Carmelo Ezpeleta, tetap pada posisinya, tambah pernyataan itu.

“ Ini adalah langkah sempurna berikutnya dalam evolusi MotoGP, dan kami sangat antusias dengan pencapaian ini bagi Dorna, paddock MotoGP, dan penggemar balap,” kata Ezpeleta.

Kesepakatan tersebut akan membuat Liberty Media mengakuisisi sekitar 86 persen saham Dorna, dengan manajemen Dorna mempertahankan sekitar 14 persen ekuitasnya, dan kesepakatan itu diharapkan selesai pada akhir tahun 2024.

Transaksi tersebut mencerminkan nilai perusahaan sebesar 4,2 miliar euro untuk Dorna/MotoGP dan nilai ekuitas sebesar 3,5 miliar euro, kata pernyataan itu.

Dorna Sports, yang sekitar 40 persen dimiliki oleh perusahaan investasi swasta Inggris Bridgepoint Group, juga mempromosikan Kejuaraan Dunia Superbike dan MotoE serba listrik.

BACA JUGA:Liberty Media Bakal Beli Hak MotoGP, Balap F1 dan MotoGP Siap di Bawah Bendera yang Sama

BACA JUGA:Pecco Bagnaia dan Marc Marquez Ngotot Tak Mau Disalahkan, Hubungan Merenggang?

“ Kami sangat senang dapat memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan terkemuka kami dengan mengakuisisi MotoGP,” kata Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei.

“ Bisnis ini memiliki keuntungan yang signifikan, dan kami bermaksud mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: