Astra Financial dan OJK Talkshow Literasi Keuangan Digital

Astra Financial dan OJK Talkshow Literasi Keuangan Digital

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi bersama Director-in-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Astra Financial berkolaborasi menggelar talkshow literasi keuangan digital

Talkshow yang digelar secara hybrid tersebut bertajuk "Cerdas dan Aman Bertransaksi Digital” pada Selasa 2 April 2024.

Acara diikuti lebih dari 1.500 orang baik dari 14 CEO, eksekutif, kepala wilayah dan kepala cabang unit bisnis Astra Financial, komunitas literasi dan inklusi OJK, masyarakat serta lebih dari 300 media dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Empat Tahun Pandemi Berlalu, OJK Resmi Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi menyampaikan, penguatan sistem keamanan data oleh seluruh penyelenggara jasa keuangan sangatlah diperlukan untuk menghindari penyalahgunaan keamanan data dan privasi data konsumen.

"Masifnya aduan masyarakat mengenai transaksi keuangan digital adalah terkait keamanan data dan privasi data konsumen yang disalahgunakan. Agar terhindar dari hal tersebut, perlu penguatan sistem keamanan data oleh seluruh penyelenggara jasa keuangan. Selain itu, dalam pemerataan literasi keuangan dan literasi digital menjadi penting, agar masyarakat terhindar dari ancaman kejahatan siber," ujar Friderica.

Berkembangnya digitalisasi sektor keuangan, menurutnya, tidak ayal telah memberikan kemudahan dan manfaat bagi masyarakat.

Namun berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK tahun 2022, tingkat literasi keuangan masyarakat ternyata hanya mencapai 49,6%, lebih rendah dari tingkat inklusi keuangan yang mencapai 85%.

BACA JUGA:Temani Pemudik, Astra Siaga Lebaran 2024 Siapkan 299 Bengkel Siaga dan 805 Teknisi, Hingga Tim SAR

Begitu pula dengan rendahnya literasi digital yang baru mencapai 41,48%. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan literasi keuangan dan digital, sehingga masyarakat dapat lebih cerdas, warpada dalam transaksi digital.

Hal tersebut juga menjadi harapan Director-in-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin.

Dalam kesempatan sama, Suparno menyampaikan ungkapan terima kasih kepada OJK atas kolaborasi yang dilakukan antara OJK dan Astra Financial dalam acara Talkshow Literasi Keuangan Digital ini.

"Kami percaya bahwa seluruh pemangku kepentingan Astra Financial, khususnya konsumen, karyawan dan masyarakat akan banyak terbantu dari acara ini karena kami berharap, literasi keuangan dan digital menjadi kunci bagi perkembangan unit bisnis di bawah Astra Financial kedepannya," ucap Suparno.

BACA JUGA:1.300 Petugas Astra Infra Dilengkapi Armada Patroli, Derek Hingga Ambulance

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: