Candi Borobudur Perpanjang Jam Buka Selama Libur Lebaran

Candi Borobudur Perpanjang Jam Buka Selama Libur Lebaran

Jam operasional Candi Borobudur dibuka 30 menit lebih awal dan ditutup 30 menit lebih lambat.-ist-

MAGELANG, DISWAY.ID-- Jam buka kunjungan atau jam operasional Candi Borobudur di Kabupaten MAGELANG, Jawa Tengah, diperpanjang.

Pihak mengelola candi terbesar di Indonesia itu ditambah satu jam saat libur lebaran Idul Fitri tahun 2024 ini.

General Manager PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Unit Borobudur, Magelang, Jamaludin Mawardi, mengatakan dengan layanan baru tersebut, operasional akan dibuka 30 menit lebih awal dan ditutup 30 menit lebih lambat.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata yang Paling Sering Dikunjungi di Jakarta Utara, Enaknya Kemana Ya?

"Jadi lebih tepatnya selama ini wisatawan masuk ke zona 1, halaman candi baru jam 07.00 WIB, selama masa ramai dari tanggal 8-17 April 2024 itu bisa lebih awal setengah jam, tentunya jam 06.30 WIB sudah bisa naik ke halaman candi lalu tutupnya jam 17.30 WIB," ungkapnya, Kamis 11 April 2024.

Ia berharap perpanjangan jam tersebut dapat memberikan kelonggaran bagi pengunjung yang berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya terkadang datang terlambat dan gerbang parkir terpaksa ditutup.

"Mereka sedikit kecewa karena sudah jauh-jauh meluangkan waktu untuk datang tetapi tidak mendapatkan kesempatan," ucap Marwadi.

Oleh karena itu, ia kembali menyatakan waktu penutupan akan ditambah 30 menit, dengan harapan dapat mengatasi solusi atas permasalahan yang terjadi pada wisatawan.

BACA JUGA:Instragamable, Pantai Jatimalang Favorit untuk Libur Lebaran di Purworejo

Ia mengatakan, kuota pendakian candi masih 1.200 orang per hari yang terbagi dalam delapan waktu, mulai pukul 08.30 hingga 16.30 WIB.

"Tidak ada tambahan sesi di awal, tetapi karena tetap 1.200 pengunjung naik candi, sesi itu akan kita jalankan normal seperti biasa, delapan sesi mulai 08.30-16.30 WIB," tegasnya. 

Ia berharap pengunjung yang ingin mendaki candi melakukan reservasi melalui online/daring. (Dimas Rafi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: