Jaga Kesehatan di Musim Libur Lebaran, PB IDI Keluarkan 12 Rekomendasi, Mulai Gunakan Masker Hingga Vaksinasi Flu

Jaga Kesehatan di Musim Libur Lebaran, PB IDI Keluarkan 12 Rekomendasi, Mulai Gunakan Masker Hingga Vaksinasi Flu

ILUSTRASI demam merupakan salah satu tanda orang bisa mengalami penyakit tifus.-Kementerian Kesehatan RI-ayosehat.kemkes.go.id/

JAKARTA, DISWAY.ID-- Musim libur panjang Lebaran Idul Fitri 2024, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengeluarkan sejumlah rekomendasi yang dianjurkan untuk dijalani oleh masyarakat.

DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengingatkan masyarakat luas untuk menjaga kesehatan dengan melakukan sejumlah persiapan dan pencegahan sebelum melakukan perjalanan, baik liburan maupun untuk bisnis atau pekerjaan di musim pancaroba ini. 

BACA JUGA:Waspada Lonjakan Covid-19, Pelayanan Vaksinasi Tetap Diberikan di Semua Puskesmas dan Faskes Lainnya

BACA JUGA:189 Warga Jaksel Terima Vaksinasi Cacar Monyet

“Kewaspadaan dini menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan oleh masyarakat. Perubahan cuaca yang drastis dari panas terik ke hujan atau sebaliknya dapat membahayakan kesehatan kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, ibu hamil. atau orang ang kondisi tubuhnya kurang fit,” kata DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

Berikut adalah rekomendasi dari PB IDI untuk menjaga kesehatan Anda selama perjalanan di musim pancaroba:

1. Lakukan vaksinasi flu sekurangnya 1-2 minggu sebelum bepergian untuk melindungi diri dan mengurangi kemungkinan menyebarkan virus ke orang lain. Lakukan vaksinasi dalam kondisi tubuh sedang sehat dan tidak mengalami gejala flu apapun. 

BACA JUGA:Pemerintah Siapkan Vaksinasi dan Langkah Lain Untuk Mencegah Penyebaran Virus Monkeypox

BACA JUGA:Bandara AP II Terapkan SE Kemenhub 16/2023, Vaksinasi Covid-19 Sampai Boster Kedua Tetap Dianjurkan

2. Selain vaksinasi flu, sebaiknya juga melakukan vaksinasi Covid-19 baik untuk awal maupun vaksinasi booster. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang telah divaksinasi COVID-19 memiliki kemungkinan kecil untuk menularkan COVID-19 pada orang lain, - menjadikan perjalanan baik dekat maupun jauh menjadi lebih aman bagi diri Anda sendiri dan orang lain di rombongan Anda. 

Bagi para lansia dan orang dengan kriteria tertentu dapat memperoleh vaksinasi Covid secara gratis melalui Puskesmas dan Pusat Layanan kesehatan Pemerintah.

Sementara bagi masyarakat umum diluar kriteria kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dapat memperoleh vaksinasi Covid Mandiri (berbayar) melalui layanan klinik dan Rumah Sakit yang menyediakan.

BACA JUGA:Awas! Penelitian Terbaru Ungkap Orang yang Tidak Divaksinasi COVID Berisiko Lebih Tinggi Terdampak Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: