Jaga Kesehatan di Musim Libur Lebaran, PB IDI Keluarkan 12 Rekomendasi, Mulai Gunakan Masker Hingga Vaksinasi Flu

Jaga Kesehatan di Musim Libur Lebaran, PB IDI Keluarkan 12 Rekomendasi, Mulai Gunakan Masker Hingga Vaksinasi Flu

ILUSTRASI demam merupakan salah satu tanda orang bisa mengalami penyakit tifus.-Kementerian Kesehatan RI-ayosehat.kemkes.go.id/

BACA JUGA:PJ Gubernur Imbau Masyarakat Segera Booster Kedua, Cek 7 Sentra Vaksinasi di DKI Jakarta

 “Meski Covid sudah menurun dibanding saat asa pandemi, namun penyakit ini masih ada dan penting bagi tubuh untuk terus melindungi diri dari penyakit ini dengan melakukan vaksinasi,” Saran Ketua Satgas Covid-19 PB IDI, Prof DR Dr Erlina Burhan, SpP(K).

3. Teliti Tujuan Anda sehingga kita bisa mmeperhitungkan aktifitas yang akan kita hadapi dan melakukan penilaian kemampuan kesehatan kta sebelum menjalankan aktifitas di tempat tujuan. Siapkan juga asuransi perjalanan atau kesehatan baik swasta maupun BPJS.

4. Periksa Pedoman Lokal Seputar Kesehatan dan COVID-19, flu atau mungkin penyebaran penyakit lainnya di tempat yang akan dituju, termasuk regulasi di luar negeri. Hal ini dikarenakan setiap negara mempunyai aturan dan regulasi berbeda terkait perjalanan dan COVID-19. 

5. Jangan memaksakan bepergian bila kondisi kurang fit. Lakukan perjalanan terutama jauh hanya bila Anda merasa sehat. 

BACA JUGA:Vaksinasi Booster Kedua Dimulai Hari Ini, Cek Jadwal dan Lokasi di Sini!

BACA JUGA:Mulai Besok, Masyarakat Bisa Dapatkan Vaksinasi Booster Ke-2, Ini Daftar Vaksin ya!

Pertimbangkan untuk menunda rencana Anda hingga 24 jam setelah demam dan semua gejala lainnya mereda (tanpa menggunakan obat penurun demam).

6. Siapkan perlengkapan kesehatan perjalanan seperti obat rutin yang harus diminum, juga obat darurat seperti obat luka, obat pereda demam dan nyeri, obat flu, pembersih luka.

7. Jaga kebersihan tangan Anda dan gunakan hand sanitizer, sabun, atau tissue basah terutama selesai beraktifitas. 

8. Cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir selama kurang lebih 20 detik, atau gunakan pembersih tangan (hand sanitizer atau tissue basah) yang mengandung alkohol minimal 60 persen.

Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda apabila tangan tidak dalam kondisi bersih/ belum dicuci. utup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan tisu, kemudian buang tisu bekas pada tempatnya.

9. Tetap terhidrasi dan tidur yang cukup. Jangan sampai kekurangan cairan dan cukup istirahat supaya bisa tetap konsentrasi dalam perjalanan terutama saat perjalanan darat. 

BACA JUGA:Syarat Terbaru Naik Pesawat dan Kereta Api Usai PPKM Dicabut, Vaksinasi Masih Tetap Berlaku

BACA JUGA:Dinkes DKI Mulai Berikan Layanan Vaksinasi Booster Kedua Untuk Lansia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: