Basarnas Siapkan Puluhan Personel dan Kapal Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang di Pulau Sitaro

Basarnas Siapkan Puluhan Personel dan Kapal Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang di Pulau Sitaro

Kapal Basarnas disiagakan di Pulau Ruang untuk membantu proses evakuasi korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara-Dok. Basarnas-

SITARO, DISWAY.ID - Kantor SAR Manado menyiagakan puluhan personel dalam penanganan evakuasi bencana erupsi Gunung Ruang, di Tagulandang, Kabupaten SITARO, Sulawesi Utara pada Rabu 17 April 2024 malam.

Kepala Kantor SAR Manado, Monce Brury, mengatakan pihaknya menyiapkan 24 personel disiagakan di Tagulandang sampai tujuh hari ke depan.

BACA JUGA:Sambaran Petir Warnai Letusan Gunung Ruang di Sitaro Sulawesi Utara

BACA JUGA:Letusan Gunung Api Ruang Merahkan Langit Kabupaten Sitaro Sulawesi

"Apabila ada peningkatan yang lebih kami akan tambah personel untuk gerak cepat penanganan masyarakat yang terdampak sehingga kenyamanan dan keamanan masyarakat bisa dikondisikan dengan lebih baik," kata Monce di Manado, Rabu, 17 April 2024.

Monca menjelaskan bahwa tim SAR gabungan telah bersiaga di Pulau Ruang. Hingga saat ini SAR Manado sudah mengevakuasi masyarakat yang terdampak sebanyak 497 jiwa di tempat yang lebih aman.

Adapun dampak erupsi yang terjadi sejak Selasa, 16 April 2024 lalu itu telah menimbulkan dampak kerusakan di Pulau Ruang. Ratudan penduduk terdampak jangkauan letusan Gunung Ruang, sudah dievakuasi di tempat yang lebih aman.

BACA JUGA:Gunung Merapi 'Batuk' Lagi, Masyarakat Diminta Waspada Guguran Lava

BACA JUGA:H-5 Idul Fitri, Basarnas Pantau Jalur Mudik di Merak-Bakauheni Lewat Udara

Tim SAR gabungan yang terdiri dari unsur Basarnas, TNI, Polri, BPBD, Tagana, Dinas Kesehatan dan potensi SAR lainnya saat ini masih berjaga-jaga untuk pengamanan apabila terjadi letusan susulan.


Sambaran petir warnai letusan Gunung Ruang di Sitaro Sulawesi Utara pada pada Rabu 17 April 2024-tangkapan layar X@alfianrsdi-

"Tim SAR gabungan terus mengimbau seluruh masyarakat setempat yang masih beraktivitas di sekitar Gunung Ruang sejauh sekitar 5km agar segera menjauh. Masyarakat diimbau agar menunda segala aktivitas di sekitar Gunung Ruang sampai situasi kembali normal," Imbau Monca. 

Saat ini ada sekitar 50 personel SAR gabungan sudah disiagakan. Tim SAR gabungan sudah mendirikan posko di pendopo kantor camat induk Tagulandang.

Apabila ada aduan dari masyarakat yang terdampak belum dievakuasi, atau keluarga yang masih berkebun yang belum balik bisa melapor di posko agar secepatnya dievakuasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: