Jangan Takut, Hoaks Bisa Dilawan, Begini Caranya!

Jangan Takut, Hoaks Bisa Dilawan, Begini Caranya!

Ilustrasi berita hoaks-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan webinar mengenai  penguatan keterampilan digital masyarakat Indonesia bernama #MakinCakapDigital 2024, Rabu, 17 April 2024, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Tema yang diangkat adalah "Langkah Cerdas Melawan Hoaks di Ruang Digital".

BACA JUGA:Viral Postingan Hoaks Harga LPG Rp70 Ribu di Kendal, Pengamat Sarankan Pengunggah Diproses Hukum

BACA JUGA:Respon Polri Soal Penghapusan Pasal Pencemaran Nama Baik dan Sebar Hoaks

Sebagai narasumber dalam webinar ini adalah Dosen UPN Veteran Jakarta serta Relawan REDAXI dan JAPELIDI Rut Rismanta Silalahi; Sekretaris Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Muh Ansari; dan Direktur BanuaMentor Andi Rizky Hardiansyah. 

Selaku pembicara kunci webinar ini adalah Ketua Umum PW IPM Sulawesi Selatan Zul Jalali Wal Ikram. Turut hadir dalam webinar ini adalah komunitas PW IPM Sulawesi Selatan.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2023, pengguna internet di Indonesia mencapai 215,62 juta atau setara 78,19 persen dari total populasi Indonesia. 

BACA JUGA:Meski Memang Beracun, Kemenkes Tegaskan Ulat Pembunuh Manusia Itu Hoaks

BACA JUGA:Hoaks! Ada Ulat Bulu yang Bisa Sebabkan Kematian Setelah 4 Jam, Ini Faktanya

Di saat yang bersamaan, pertumbuhan pengguna yang masif ini membuka ruang yang lebih luas terhadap potensi meningkatnya penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maupun internet.

Pengukuran status literasi digital Indonesia 2023 terhadap 38 provinsi melaporkan bahwa kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan TIK semakin membaik dalam setahun terakhir. Indeks literasi digital Indonesia di awal 2023 ada di level 3,54 dari skala 1-5. 

Artinya, secara umum literasi digital masyarakat Indonesia ada di level "sedang". Indeks tersebut sedikit meningkat dibanding 2020 lalu yang ada di level 3,46.


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan webinar mengenai penguatan keterampilan digital masyarakat Indonesia bernama #MakinCakapDigital 2024, Rabu, 17 April 2024, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. -Kominfo-

Dalam pidato kuncinya, Zul Jalali Wal Ikram menyampaikan, peningkatan kemampuan penggunaan internet secara aman dan produktif telah membawa perubahan besar dalam cara berkomunikasi, belajar, dan bekerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: