BBM Subsidi Banyak Digunakan Masyarakat Mampu, BPH Migas Bakal Lakukan Ini

BBM Subsidi Banyak Digunakan Masyarakat Mampu, BPH Migas Bakal Lakukan Ini

BBM Subsidi Banyak Digunakan Masyarakat Mampu, BPH Migas Bakal Lakukan Ini-disway.id/Sabrina Hutajulu-

JAKARTA, DISWAY.ID - Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi banyak dinikmati masyarakat yang tergolong mampu.

Untuk itu, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), akan menjamin bahwa BBM subsidi hanya boleh dinikmati oleh yang berhak.

Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman menegaskan, BPH Migas bertugas menjamin agar hanya masyarakat yang berhak saja yang dapat menikmati BBM subsidi, sekaligus mengawasi jika terjadi dugaan penyimpangan atau penyalahgunaan distribusi BBM.

BACA JUGA:Ramaikan Festival Harkonas 2024, Kemendag Dorong Edukasi Anak-Anak Jadi Konsumen Cerdas Lewat Lomba Gambar

BACA JUGA:Masuki Pertemuan Intersesi ke-6, Indonesia dan Tunisia Akan Segera Tuntaskan Perundingan IT-PTA

“ Dalam menjalankan tugas tersebut, tentunya BPH Migas bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum, serta Pemerintah Daerah. BPH Migas telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan sejumlah lembaga dan pemerintah daerah,” kata Saleh Senin 22 April 2024.

Dalam kesempatan ini, disampaikan juga pentingnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai kondisi-kondisi aktual sektor energi di Indonesia, sehingga masyarakat dapat memahami pentingnya hemat dalam menggunakan energi. 

“ Seoptimal mungkin kita hemat menggunakan energi, menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta api, atau menggunakan kendaraan secara bersama-sama, sehingga dapat mengurangi konsumsi BBM. Ini berarti mengurangi subsidi BBM, serta emisi rumah kaca, mengurangi dampak pemanasan global. Banyak manfaat yang diperoleh melalui penghematan energi,” paparnya. 

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR Diah Nurwitasari mendorong peningkatan pemanfaatan gas bumi di Indonesia, mengingat cadangannya yang cukup besar. 

BACA JUGA:Tingkatkan Komitmen Ketahanan Pangan, Bapanas Bentuk KAKPN

BACA JUGA:Bapanas: Generasi Muda Adalah Solusi Masalah Pangan dan Gizi

Namun, kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, menjadi suatu tantangan dalam pembangunan infrastruktur. 

Dirinya juga mendorong agar Pemerintah melanjutkan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga (jargas). 

Terkait subsidi energi, seperti BBM dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 Kg, Diah mendukung kebijakan Pemerintah agar lebih tepat sasaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: