Hamas Setuju Solusi Dua Negara, Akhiri Konflik Israel - Palesrtina

Hamas Setuju Solusi Dua Negara, Akhiri Konflik Israel - Palesrtina

Pejabat tinggi politik Hamas Khalil al-Hayya -Screenshoot/YouTube-

JAKARTA, DISWAY.ID -  Hamas melunak dan meletakkan senjata sebagai solusi dua negara Israel dan Palestina.

Namun pejabat tinggi politik Hamas Khalil al-Hayya mengatakan, asal Palestina menjadi negara merdeka, dan hamas berubah menjadi Partai politik.

Komentar Khalil al-Hayya dalam sebuah wawancara menyebutkan, bahwa Hamas bersedia menyetujui gencatan senjata selama lima tahun atau lebih dengan Israel, dan bahwa mereka akan meletakkan senjatanya.

BACA JUGA:Guru Besar dan Mahasiswa Ditahan Pemerintah Amerika Demi Bela Israel, Turunkan Sniper Pantau Demo yang Semakin Meluas

BACA JUGA:Suhu Thailand Diprediksi Tembus 51 Derajat Celcius, Dari Awal Tahun Telah Tewaskan Puluhan Jiwa

Serta berubah menjadi partai politik jika Palestina merdeka di sepanjang perbatasan sebelum tahun 1967.

Komentar  Khalil al-Hayya bahwa Hamas akan melucuti senjatanya tampaknya merupakan konsesi signifikan dari kelompok militan yang secara resmi berkomitmen untuk menghancurkan Israel.

Namun kecil kemungkinannya Israel akan mempertimbangkan skenario seperti itu. 

Mereka telah bersumpah untuk menghancurkan Hamas setelah serangan mematikan pada 7 Oktober yang memicu perang tersebut, dan kepemimpinannya saat ini dengan tegas menentang pembentukan negara Palestina di tanah yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah tahun 1967.

Al-Hayya, seorang pejabat tinggi Hamas yang mewakili militan Palestina dalam negosiasi gencatan senjata dan pertukaran sandera, melontarkan pernyataan yang terkadang menantang dan terkadang bernada damai.

BACA JUGA:Puluhan Mahasiswa Ditangkap Kepolisian Texas Buntut Demo Anti Israel, Wartawan Dibanting dan Diusir

BACA JUGA:TikTok Lawan Putusan Pemerintah Biden, Shou Zi Chew: Kami Akan Pejuangkan Hak Anda

Berbicara kepada AP di Istanbul, Al-Hayya mengatakan Hamas ingin bergabung dengan Organisasi Pembebasan Palestina, yang dipimpin oleh faksi saingannya Fatah, untuk membentuk pemerintahan terpadu di Gaza dan Tepi Barat. 

Dia mengatakan Hamas akan menerima negara Palestina yang berdaulat penuh di Tepi Barat dan Jalur Gaza dan kembalinya pengungsi Palestina sesuai dengan resolusi internasional  di sepanjang perbatasan Israel sebelum tahun 1967.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: