Perkuat CPP, Bapanas Fokus Pastikan Bulog Serap Produksi Dalam Negeri

Perkuat CPP, Bapanas Fokus Pastikan Bulog Serap Produksi Dalam Negeri

Perkuat CPP, Bapanas Fokus Pastikan Bulog Serap Produksi Dalam Neger-Dok.Bapanas-

SLEMAN, DISWAY. ID -  Melanjutkan kunjungan kerja monitoring ketersediaan stok yang dikelola Perum Bulog, Kepala Badan Pangan Nasional (NFA) Arief Prasetyo Adi, menyempatkan diri untuk melakukan lawatan ke Gudang Perum Bulog Purwomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (29/04).

"Badan Pangan Nasional akan terus memantau kinerja Bulog di daerah-daerah. Terutama perkembangan dalam penyerapan hasil panen gabah dalam negeri. Stok yang kita serap ini tentunya untuk antisipasi musim kering nanti, sehingga kita tidak terus mengandalkan importasi saja," Ungkap Arief.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menetapkan besaran subsidi bunga, dalam rangka penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

BACA JUGA:Mendes PDTT Tegaskan Desa Ujung Tombak Ketahanan Pangan Nasional

BACA JUGA:Kemenhub Terbitkan PM Harmonisasi Sistem Pemeriksaan dan Sertifikasi Kapal Berbendera Indonesia

BUMN pangan dapat menjalin kerja sama dengan HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara), ASBANDA (Asosiasi Bank Pembangunan Daerah), dan juga bank swasta.

"Bapak Presiden pun telah meminta stok beras di Bulog bisa capai 3 juta ton. Untuk menggapai itu, Kementerian Keuangan pun telah mendukung dengan memberikan subsidi bunga pinjaman ke Bulog, sehingga pendanaan dalam menyerap panen dalam negeri, tidak ada kendala finansial," Ujar Arief.

Kisaran besaran subsidi bunga pinjaman yang ditetapkan antara 3 sampai 4,5 persen. Ini dapat dilaksanakan melalui 2 skema, yakni skema dengan penjaminan dari pemerintah dan skema tanpa penjaminan.

Plafon pinjaman hingga Rp 28,7 triliun merupakan pinjaman yang dapat diajukan oleh BUMN pangan guna mendapatkan fasilitas subsidi bunga dari pemerintah. 

BACA JUGA:Temui Menteri Sumber Manusia Malaysia, Kemenaker Harapkan Dampak Positif untuk Pekerja Migran

BACA JUGA:Lindungi Transaksi Keuangan Pekerja Migran, Kemenaker Luncurkan Bolehpayz di Malaysia

"Jika stok CPP kian banyak dipasok dari dalam negeri, kita optimis program-program penyaluran ke masyarakat seperti bantuan pangan beras akan sepenuhnya menggunakan beras hasil kerja keras para sedulur petani. Apalagi estimasi produksi beras di April dan Mei bisa mencapai 8,7 juta ton. Pemerintah harus turut andil menyerapnya," Ungkap Arief.

Berdasarkan Kerangka Sampel Area (KSA) Badan Pusat Statistik (BPS), produksi beras nasional di April 2024 diperkirakan mencapai 5,53 juta ton dan di Mei 2024 berada di angka 3,19 juta ton.

Proyeksi ini meningkat apabila dibandingkan tahun sebelumnya. Pada April 2023 produksi beras di 3,66 juta ton dan Mei 2023 di 2,86 juta ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: