Mengenal Walimatus Safar, Tradisi untuk Melepas Jamaah Haji Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Mengenal Walimatus Safar, Tradisi untuk Melepas Jamaah Haji Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Tradisi Walimatus Safar diadakan untuk melepas jamaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.-Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji-

JAKARTA, DISWAY.ID - Salah satu tradisi yang diadakan oleh masyarakat Indonesia untuk para jamaah haji, yakni Walimatus Safar.

Melansir dari Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji, Walimatus Safar ini terdiri dari dua kata, yakni Walimah yang diartikan sebagai 'pesta' dan safar artinya 'perjalanan'.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Walimatus Safar adalah pesta atau tasyakuran yang digelar untuk melepas para jamaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.

BACA JUGA:Musim Haji 2024, Ini Barang Paling Banyak Dibeli Calon Jamaah di Tanah Air

BACA JUGA:Tips Sehat Ibadah Haji Selama di Tanah Suci, Ini Penjelasan Pakar

BACA JUGA:Mengenal Tradisi Haji Geyot, Dilestarikan bank bjb Menjelang Buka Puasa Ramadan

Dalam tradisi Walimatus Safar ini akan diisi dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari pembacaan doa bersama, mendengarkan tausiyah terkait haji dan ditutup dengan jamuan makan untuk para tamu undangan.

Acara Walimatus Safar biasanya dihadiri oleh kerabat, keluarga hingga tetangga sekitar.

Diadakannya Walimatus Safar sendiri untuk memohon doa pada Allah SWT dengan tujuan supaya jamaah haji diberikan keselamatan dan semoga ibadahnya menjadi haji mabrur.

Adapun ibadah haji merupakan suatu perjalanan yang suci, karena itulah adanya tradisi Walimatus Safar ini menjadi salah satu kesempatan untuk meminta maaf dan memohon doa.

Menurut istilah, tradisi tersebut tidak ditemukan dan dikenal dalam literatur Islam sebelum akhirnya muncul pada tahun 1970-an.

BACA JUGA:Ini Fasilitas yang Didapat Jamaah Haji Khusus, Cukup Bayar Segini Saja

BACA JUGA:22 Kloter Jamaah Haji Berangkat Perdana 12 Mei 2024, Ini Rinciannya

Hukum Mengadakan Walimatus Safar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: