Jokowi Tinjau Pelayanan Kesehatan di RSUD Baharuddin Kabupaten Muna

Jokowi Tinjau Pelayanan Kesehatan di RSUD Baharuddin Kabupaten Muna

Jokowi Tinjau Pelayanan Kesehatan di RSUD Baharuddin Kabupaten Muna-Youtube/sekretariat presiden-

MUNA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H.L.M. Baharuddin, M.Kes di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Senin, 13 Mei 2024.

Dalam kunjungan ini, Jokowi menekankan pentingnya layanan kesehatan di daerah terpencil, khususnya untuk penyakit yang menonjol.

BACA JUGA:Jokowi: Bansos Beras 10 Kg Bisa Dilanjutkan Sampai Desember 2024

BACA JUGA:Perpres Diteken, Jokowi Resmi Hapus Sistem Kelas BPJS Kesehatan

“Yang saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu stroke, jantung. Problemnya kalau di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari provinsi, tidak segera ditangani ya ini akan menjadi problem,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers usai peninjauan.

Untuk itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya akses ke peralatan kesehatan modern seperti CT scan, cath lab, dan mammogram, yang kini lebih merata dijangkau hingga ke puskesmas.

“Oleh sebab itu, sekarang Kementerian Kesehatan banyak mengirimkan CT scan, cath lab, mammogram, atau yang ke level lebih kecil yaitu ke kabupaten, ke puskesmas itu ada USG untuk kehamilan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga mengapresiasi rumah sakit tersebut telah memiliki dokter spesialis yang mampu mengoperasikan peralatan canggih.

BACA JUGA:1 Maret 2024 Bikin SKCK Wajib Tunjukkan BPJS Kesehatan, Ini Biaya dan Lama Waktu Pembuatan

BACA JUGA:Jokowi Blusukan ke Jateng, Minta Pelayanan Pasien BPJS di RS Lebih Cepat Ditangani

“Saya melihat di sini baik. Gedungnya bagus, tata ruangnya bagus, bersih, saya kira itu yang harus semuanya menuju ke sana,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, seorang warga berusia 71 tahun, La Ode Bariu mengungkapkan rasa syukurnya karena Kabupaten Muna mendapat kunjungan dari seorang presiden.

“Baru dua presiden yang ke Muna, Gus Dur dengan Pak Jokowi,” kata Bariu.

BACA JUGA:Solusi BPJS Kesehatan Tak Defisit dari Anies, Gandeng Stakeholder dan Pakar

Ia juga menekankan pentingnya fasilitas genset yang memadai di rumah sakit untuk mendukung operasional saat listrik padam.

Nuryani, pasien lainnya, menyatakan rasa leganya bisa bertemu dengan Presiden dan merasakan manfaat dari program BPJS.

“Alhamdulillah Pak Jokowi sudah datang ke sini. Terima kasih atas kedatangan Pak Jokowi ke sini, senang sekali,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: